Rabu, Maret 31, 2010

Sistem Kekerabatan Patrilineal dan Matrilineal

Patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah. Kata ini seringkali disamakan dengan patriarkhat atau patriarkhi, meskipun pada dasarnya artinya berbeda. Patrilineal berasal dari dua kata, yaitu pater (bahasa Latin) yang berarti "ayah", dan linea (bahasa Latin) yang berarti "garis". Jadi, "patrilineal" berarti mengikuti "garis keturunan yang ditarik dari pihak ayah".
Sementara itu patriarkhat berasal dari dua kata yang lain, yaitu pater yang berarti "ayah" dan archein (bahasa Yunani) yang berarti "memerintah". Jadi, "patriarkhi" berarti "kekuasaan berada di tangan ayah atau pihak laki-laki".
Penganut adat patrilineal adalah
 suku Batak

Matrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Kata ini seringkali disamakan dengan matriarkhat atau matriarkhi, meskipun pada dasarnya artinya berbeda. Matrilineal berasal dari dua kata, yaitu mater (bahasa Latin) yang berarti "ibu", dan linea (bahasa Latin) yang berarti "garis". Jadi, "matrilineal" berarti mengikuti "garis keturunan yang ditarik dari pihak ibu".
Sementara itu matriarkhat berasal dari dua kata yang lain, yaitu mater yang berarti "ibu" dan archein (bahasa Yunani) yang berarti "memerintah". Jadi, "matriarkhi" berarti "kekuasaan berada di tangan ibu atau pihak perempuan".
Penganut adat matrilineal adalah
 bangsa Yahudi
 suku Indian di Apache Barat
 suku Navajo, sebagian besar suku Pueblo, suku Crow, dll. yang kesemuanya adalah penduduk asli Amerika Serikat
 suku Khasi di Meghalaya, India Timur Laut
 suku Nakhi di Provinsi Sichuan dan Yunnan, Tiongkok
 Beberapa suku kecil di kepulauan Asia Pasifik
 suku Minangkabau di Sumatra Barat


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Patrilineal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar