Selasa, Januari 10, 2012

Rancangan Penelitian Sosial / Desain Penelitian

Rancangan Penelitian Sosial Memasuki awal semester dua tahun pelajaran 2011/ 2012, siswa kelas XII dan guru berpacu dalam memperdalam materi pembelajaran. Hal ini terkait dengan alokasi waktu dan jadwal UN 2012. Untuk membantu persiapan siswa pada umumnya, saya mencoba menyusun materi Rancangan Penelitian Sosial untuk mata pelajaran Sosiologi XII IPS. Berikut petikan materi yang dimaksud. Masalah penelitian ditimbulkan adanya kesenjangan (gap) antara kenyataan (das sein) dengan yang seharusnya (das sollen). Agar suatu masalah penelitian dapat dipecahkan, maka perlu kiranya disusun dalam bentuk rumusan masalah. Rumusan masalah berisi pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang akan dicari jawabannya melakui kegiatan penelitian. Dengan demikian rumusan masalah memiliki fungsi untuk menegaskan hal-hal utama yang akan diteliti dari suatu masalah atau topik. Dalam merumuskan masalah perlu diperhatikan hal berikut : 1. Masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan. 2. Masalah dirumuskan dalam susunan kalimat yang sederhana dan baku. 3. Masalah dirumuskan secara singkat, jelas, dan padat serta tidak menimbulkan kerancuan pengertian. 4. Rumusan masalah harus mencerminkan keinginan yang hendak dicari. 5. Rumusan masalah tidak mempersulit pencarian data lapangan terutama data langka. 6. Rumusan masalah dapat dipakai untuk merumuskan hipotesis (jika perlu). 7. Rumusan masalah harus direfleksikan dalam judul penelitian. Rumusan masalah harus dijabarkan secara operasional dan khusus/ spesifik dari judul penelitian. Rumusan hendaknya sejalan dengan jawaban yang akan disajikan dan disimpulkan. Perumusan yang tegas dan jelas akan digunakan sebagai penuntun/ pedoman untuk menyusun instrumen atau daftar pertanyaan untuk mengumpulkan data. Rumusan masalah selalu berkaitan dengan bentuk rancangan penelitian yang meliputi : latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan kepustakaan, hipotesis (jika perlu) dan batasan konsep. Agar rumusan masalah dapat bermanfaat dan baik, maka harus memenuhi syarat sebagai berikut : 1. masalah harus memiliki nilai penelitian. a. masalah yang orisinal (belum ada/ tidak banyak yang meneliti) b. masalah yang bermanfaat c. masalah yang dapat diperoleh melalui cara ilmiah d. masalah yang dirumuskan harus jelas dan padat. e. dirumuskan dalam bentuk pertanyaan f. rumusan masalah harus etis 2. merumuskan masalah harus mempertimbangkan aspek lain : a. minat peneliti b. biaya c. waktu d. kesanggupan dan kemampuan peneliti e. alat perlengkapan 3. masalah yang dipilih harus dapat dipecahkan variabelnya. Dalam menentukan masalah penelitian, seseorang perlu kiranya mengetahui satu hal yang berkaitan dengan masalah yaitu variabel penelitian. Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang akan menjadi obyek pengamatan penelitian. Atau dengan kata lain, faktor-faktor yang berperan dalam gejala yang akan diteliti, misal : tingkat pendapatan, status perkawinan, pendapatan, dan sebagainya (http://www.sosiosejarah.com

2 komentar:

  1. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI yang bekerja di negeri orang saya ibu hermawati seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor MBAH RONO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi MBAH RONO dan minta angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan 4D TOTO ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi MBAH RONO di nomor (_085_340_489-469_) ini asli bukan rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..

    BalasHapus
  2. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus