Senin, Agustus 01, 2016

Assalamualaikum, Wr Wb

Selamat jumpa dengan saya, Eka Gunawan,
Apa kabar semua, semoga senantiasa dilindungi oleh Alloh SWT.
Mulai tahun pelajaran 2016/2017 SMANDA ditetapkan sebagai Sekolah Percontohan GLS , yaitu Gerakan Literasi Sekolah.
Gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya membaca dikalangan Siswa, Guru, Kepala Sekolah.
GLS ini dilaksanakan sebelum pelajaran dimulai selama 15 menit, Namun juga dapat dilaksanakan diwaktu yang berbeda.
Setelah siswa membaca buku Non Pelajaran selama 15 menit, dilanjutkan dengan merangkum.

Selamat Membaca, semoga Indonesia semakin cerah dimasa masa yang akan datang.

Wasalamualaikum Wr.WB

35 komentar:

  1. GERAKAN LITERASI SMANDA

    Blood Diaries
    Kisah Si Bocah Vampir
    Karangan Marrisa Moss

    Apa serunya jadi vampir kalau tak boleh memberitahukan pada orang-orang ? Edgar adalah seorang vampir, seluruh keluarganya. Tapi mereka harus menjaga rahasia bahwa mereka adalah vampir.
    Sebagai vampir Edgar hanya bisa bergaul dengan anak-anak kuper di sekolah dan terus-terusan disiksa si gadis vegetarian Bertie. Sering terjadi konflik karena bertie selalu mem-bully Edgar .
    Singkat cerita ketika konflik ini berada pada puncaknya, Edgar menunjukan wajah marahya hingga Bertie tahu dan memberitahukan pada seisi sekolah termasuk guru bahwa Edgar Stoker adalah seorang vampir.
    Setelah menjadi keren dia harus berusaha menetralkan namanya lagi karena menggangu nama besar keluarganya.



    Giga C. Baskoro
    XI IPS 4 / 14

    BalasHapus

  2. GERAKAN LITERASI SEKOLAH

    SEJARAH INDONESIA MODERN
    Oleh M.C. Ricklefs

    Sejarah tertulis Indonesia sudah dimulai sekitar ribuan tahun sebelumnya. Prasasti – prasasti dari kepulauan Indonesia yang tertua terdapat tujuh buah yupa yang ditemukan di Kutai, Kalimantan Timur, yang berdasarkan paleografi berasal dari sekitar tahun 400M.

    Kerajaan – kerajaan yang besar dan kuat yang meninggalkan warisan – warisan yang berupa hasil – hasil kesastraan, kesenian, tradisi social, administrasi, dan politik yang mempunyai pengaruh yang kekal.









    Geza Isprimanto XIIPS4

    BalasHapus
  3. Nama : Muhammad Agusti Saputra
    No : 25
    Kelas : XI IPS 4
    Tanggal : 2 Agustus 2016
    Judul Buku : Islamic Teen Parenting
    Pengarang : M. Fauzi Rachman
    Penerbit : Erlangga
    Islamic Teen Parenting
    Bab 1 : Anak adalah Nikmat dan Amanat
    Allah SWT telah mmberikan nikmat banyak bagi kita, salah satu nikmat dan karunianya yaitu anak. Anak adalah sebuah titipan dari Allah untuk kita. Allah SWT berfirman, “Harta dan anak adalah perhiasan kehidupan... “Q.S. Al Kahfi [18]:46). Dalam ayat tersebut disebutkan anak adalah suatu perhiasan bagi kita hidup didunia. Selain menjadi perhiasan hidup, anak juga diberikan untuk kita sebagai amanat. Namun pada zaman sekarang ini banyak yang menyianyiakan karunia Allah tersebut dengan berbagai kejahatan.

    BalasHapus
  4. Nama : Misbahul Munir
    No : 24
    Kelas : XI IPS 4
    Tanggal : 2 Agustus 2016
    Judul : Tempat-tempat Terkenal di DUNIA
    Tempat-tempat terkenal di benua amerika, benua ini memiliki banyak tempat menarik diantaranya yaitu Grand Canyon yang merupakan ngarai terbesar di dunia,air terjun niagara yang merupakan tempat air terjun raksasa,patung liberty atau patung raksasa yang terdapat di pulau liberty, jembatan golden gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang golden gate, dan gedung putih yang merupakan kediaman resmi presiden Amerika Serikat.

    BalasHapus
  5. Nama : Laras Widya Aulia
    No : 21
    Kelas : XI IPS 4
    Judul buku : Lifted pengutil paling top

    Seorang gadis yang selalu mengikuti tren di majalah majalah, menyambangi sebuah toko baju dan celana untuk membeli baju yang kemarin masuk ke majalah yang ia baca. Namun saat ia ingin mencoba beberapa baju yang ingin dibeli, ia melihat sebuah kotak berisi celana ketat yang berada di tumpukan baju. Karena merasa ia ingin memilikinya akhirnya ia membawa kotak tersebut ke kamar pas dan mengutilnya. Karena keamanaan yang tidak ketat akhirnya sekotat celana ketat berhasil ia bawa pulang.

    Nama : Dias Pratiwi
    No : 10
    Kelas : XI IPS 4
    Judul Buku: Ilmu Harus Dilandasi Iman

    Beriman kepada Allah daan menaati perintah-Nya merupakan landasan hidup manusia. Dengan iman, manusia mempunyai keterkaitan lahir dan bain kepada Sang Pencipta. Dengan iman, seseorang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Kedamaian akan tercipta sebagai hasil keimanan. Melalui pendidikan formal di sekolah, nilaiiman dan takwa ini senantiasa bagian dari pendidikan nasional kita, disamping ilmu pengetahuan dan teknologi.

    BalasHapus

  6. Orang Muda dalam proses Men-jadi
    Buah pena Anna WS

    Mengapa manusia ada? Apa tujuan manusia, dan lain sebagainya. Dari pertanyaan tersebut apakah ada yang bisa jawab
    • Manusia adalah Homo Simbolicium
    Maksudnya, manusia mengkonsumsi bahasa melalui simbol-simbol dan manusia menafsir simbol-simbol tersebut.
    • Manusia adalah Homo Faber
    Maksudnya, dengan kreatifitasnya, manusia menghasilkan objek dan dapat menguasai alam sekitarnya untuk memenuhi kebutuhanya.
    Dan masih banyak manusia manusia lainya.
    M.Miftahul Qulub
    XI IPS 4 / 26

    BalasHapus
  7. Nama : R. Isro Amalia Yupar Saputra
    Kelas : XI IPS 4 / 29
    Judul buku : Cara Berpenghasilan Rp. 30 Juta Sebulan Hanya Dari FACEBOOK
    RANGKUMAN
    Buku ini menjelaskan tentang cara berpenghasilan Rp 30 Juta hanya dari Facebook, dalam buku ini menjelaskan seandainya facebook marketing adalah sebuah bangunan, yang tinggi menjulang, da nada bagian tersembunyi yang tidak bisa kita liat yaitu ada HIDDEN FACTOR . HIDDEN FACTOR ini yang kita harus kita ketahui dan harus diamalkan baik online maupun offline. Adapun HIDDEN FACTOR tersebut adalah: 1. Memiliki tujuan mulia 2. Memiliki keyakinan positif dan 3. Memiliki kompetensi.

    BalasHapus
  8. Mengenal Aplikasi Photoshop
    Oleh : Abdul Kadir Efendi / XI IPS 4 / 01

    Apa sih Photoshop itu? Photoshop adalah sebuah program grafis dan foto yang banyak digunakan untuk keperluan desain dan fotografi, dalam hal ini, untuk pengolahan objek berbasis bitmap.
    Singkatnya, photoshop itu adalah program untuk mengedit suatu foto atau gambar, yang membuat foto tersebut terlihat lebih menarik.
    Photoshop sendiri memiliki bagian bagian yang cukup rumit sehingga para pemula masih sering kebingungan memilih tools yang disediakan photoshop.
    Berikut adalah bagian bagian area photoshop :
    A.Tools Pallete
    Adalah tempat dari seluruh peralatan yang dipakai dalam pengolahan objek, mulai dari tanda panah hingga mengubah warna. Tools pallete ini , terdapat pada area kiri layar Photoshop
    B.Command Bars
    Adalah jendela yang kita pergunakan untuk memproses pengerjaan objek. CB ini terdapat pada area atas layar photoshop.
    C.Work Space
    Adalah tempat objek/gambar yang akan kita olah. WS ini adalah kertas yang ada di tengah layar photoshop.
    D.Navigator
    Adalah jendela yang memungkinkan kita untuk memperbesar dan memperkecil workspace area atau objek yang sedang kita kerjakan. Navigator terdapat pada pada kanan atas (kertas kecil) pada layar photoshop
    E.Color Slide
    Adalah jendela yang mempermudah kita untuk mengubah dan memproses warna. Terdapat pada bawah Navigator
    F.Layer
    Adalah jendela yang memunculkan tips dan trik. Layer terdapat pada bawah Color Slide

    BalasHapus
  9. Nama : Mellynia Tamaya
    No : 23
    Kelas : XI IPS 4
    Tanggal : 2 Agustus 2016
    Judul : Hotel for Cats and Dogs

    Calleb dan Sammy adalah anak yatim piatu yang diasuh oleh Paman Michael. Mereka memiliki ide nakal yang membuat mereka di kejar oleh Polisi. Mereka menipu orang-orang karena hanya menjual jual kardus-kardus bekas gadget. Hal itu, mereka lakukan untuk membeli keperluan sekolah. Paman Michael mengurus masalah mereka di Kantor Polisi. Lalu, Calleb dan Sammy dipindahkan ke rumah Paman Peter dan Bibi Clara orangtua baru mereka.

    BalasHapus
  10. Nama : Destiana Safitri
    Kelas : XI IPS 4 / 08
    Judul buku : A (Aku,Benci,& Cinta)

    Rangkuman
    Buku ini menceritakan Alvaro dan Anggi. Alvaro Radyana, siswa terpopuler di SMA National High dan dia juga ketua osis yang dikagumi oleh banyak siswi-siswi. Alvaro mempunyai seorang musuh, dia sangat membenci musuhnya. Dia bernama Anggia Serenia Quinindha. Anggia siswa yang paling rajin , dia menjabat sebagai wakil ketua OSIS. Keduanya saling membenci. Alvaro hanya menganggap Anggia lelucon. Tetapi lama kelamaan rasa benci itu berubah menjadi rasa cinta.

    BalasHapus
  11. Rahma Puspitarani/30/XI IPS 4
    Buku yang dibaca : Cerita Rakyat - Nyi Roro Kidul
    Pada jaman dahulu, di kerajaan Pajajaran tinggallah seorang raja bernama Prabu Munding Wangi bersama putrinya yang berparas cantik bernama Dewi Kadita. Namun, kebahagiaan Prabu Munding Wangi tidak lengkap tanpa kehadiran seorang putra sebagai pewaris tahta. Ia pun menikahi Dewi Mutiara dan memiliki seorang putra. Ternyata, Dewi Mutiara memiliki niat jahat untuk menyingkirkan Dewi Kadita dari kerajaan. Ia pun mendatangi dukun untuk mengutuk Dewi Kadita menjadi buruk rupa dan penuh bisul. Demi menghindari aib, Dewi Kadita diusir dari kerajaan dan berjalan hingga mencapai Laut Selatan. Ia mendengar bisikan gaib dari laut dan segera meloncat ke laut. Setelah meloncat, wajahnya pun kembali seperti sedia kala. Ia pun menjadi ratu yang memerintah Laut Selatan yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul.

    BalasHapus
  12. SPRING IN LONDON
    ILANA TAN
    Danny Jo adalah orang yang baik. Sungguh! Ia selalu bersikap ramah, sopan , dan menyenangkan. Dany lebih dikenal sebagai model iklan. Wajahnya sering terpampang di majalah majalah dan iklan televisi. Menurut survei salah satu majalah remaja populer, Dany jo adalah salah satu bintang iklan paling diminati di Korea Selatan. Karena ia sangat sibuk dengan pekerjaannya maka dia tidak memikirkan untuk menikah terlebih dulu sehingga ibunya menyarikan jodoh untuknya tetapi dia tidak setuju dengan wanita yang dijodohkan oleh ibunya.
    Galuh Eka Setty/ XI IPS 4/ 12

    BalasHapus
  13. Tasya Anjani/35/XI IPS 4
    Judul buku : Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara
    Malin Kundang adalah seorang anak yang sangat sayang kepada ibunya. Suatu hari ia meminta izin kepada ibunya untuk pergi merantau. Setelah sukses, dia kembali ke desanya dan bertemu dengan wanita tua yang ternyata ibunya. Ketika ibunya akan memeluknya, Malin Kundang mendorong ibunya hingga terjatuh. Ibunya merasa kecewa dan akhirnya mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Dan itulah kisah Malin Kundang yang durhaka terhadap ibunya.

    BalasHapus
  14. Siti Barokah/34/XI IPS 4
    Judul buku : Sahabat Nabi Muadz bin Jabal Ammar bin Yasir
    Muadz bin jabal dan Ammar bin Yasir merupakan sahabat yang sangat mencintai agama islam. Muadz bin Jabal dia termasuk orang yang pertama kali memeluk agama islamdari kalangan kaum Ansar dan termasuk muslim yang cerdas juga dermawan. Dia selalu berpegang teguh pada Al Qur’an, Hadits dan Ijtihad. Sedangkan Ammar bin Yasir merupakan sahabat yang sangat sabar dan patuh terhadap agama islam. Dia tetap beriman kepada Allah walaupun dia terus menerus di siksa dan dianiaya oleh kaum musyrik. Dia memperjuangkan islam sampai akhir hidupnya.

    BalasHapus
  15. Nama: Alifatuzzahro
    Kelas: XI IPS 4/ 04
    judul buku: Hujan

    Bercerita tentang seorang gadis bernama Lail yang ingin menghapus ingatannya tentang hujan, untuk menghapus ingatannya diperlukan pemetaan memori yang jelas, sehingga Lail diharuskan bercerita. Ceritanya bermula ketika hari pertama Lail masuk sekolah, Lail dan ibunya menaiki kereta dan tiba-tiba terjadi letusan gunung purba.

    BalasHapus
  16. Iin Kurnia/16/XI IPS 4
    Judul buku : How Great Is Your Personality?
    Bab Satu - Selamat datang di dunia pertama
    Bab ini menceritakan tentang kepribadian seseorang dari cara seseorang bangun pagi. Jika seseorang bangun sendiri, berarti dia memiliki kepekaan sosial. Jika dia dibangunkan oleh orang tua, berarti dia belum bisa mengatur diri sendiri, memiliki sikap yang cuek, tidak mau tahu, dan apatis. Dan jika dibangunkan alarm, berarti dia orang yang berani ambil resiko dan jago menyusun strategi. Namun, jika kadang-kadang dibangunkan orang tua, alarm, dan juga bangun sendiri, berarti dia orang yang masih labil, gampang ragu, dan susah mengambil keputusan.

    BalasHapus
  17. GERAKAN LITERASI SEKOLAH
    NAMA :ATIKA RIA JAYANTI
    KELAS/NO :XI IPS 4/07
    JUDUL BUKU:DIBAWAH NAUNGAN CINTA
    TANGGAL :2 AGUSTUS 2016

    Mengajarkan orang-orang agar mengetahui cinta dalam pandangan islam. Cinta tentang islam. Cinta yang sesuai dengan kodratnya yang fitrah,suci,dan agung. Rasa yang datang bukan karena suatu sebab melainkan karena ilahi.rasa yang selalu mengingatkan kita kepada sang pencipta. Cinta yang datang karena Allah SWT. Juga menceritakan zaman yang telah berubah dimana kebaikan mulai punah. Orang senantiasa menggunakan hati nurani dan akal sehatnya, dan benaknya senantiasa bersih dari segala bisikan setan, maka Allah akan selalu menjaga dan menganugerahkan kebaikan kepadanya.

    BalasHapus
  18. BUMI MURKA
    Oleh Ellen J. Prager


    Di dalam buku ini dijelaskan bahwa Lempeng tektonik sudah mulai di teliti pada abad ke-15, 16, dan 18. Pada tahun 1900 seorang ahli meteorolog asal Jerman yaitu Alfred Wegener mengajukan teori yang dinamai pergerakan benua. Dari teori tersebut di jelaskan bahwa bumi terdiri dari 15 lempeng litosfer. Satu lempeng bisa terdapat kerak samudra, kerak benua, atau keduanya. Di dalam buku ini juga dijelaskan bencana yang diakibatkan ketika ada pergerakan lempeng misalnya Gempa Bumi, Tsunami, dan Gunung Meletus. Selain itu juga dijelaskan cara memprediksi akan terjadinya bencana-bencana, dan juga dipaparkan contoh nyata bencana yang pernah terjadi misal meletusnya Gunung Pinatubo, Gempa bBumi di California, dan Tsunami di Jawa Timur

    Taufiqurrohman
    XI IPS 4 / 36

    BalasHapus
  19. GERAKAN LITERASI SMANDA
    Nama : Roihanah Mahmudah
    No : 32
    Kelas : XI IPS 4
    Judul : Dear Nathan

    Nathan Januar Prasetya. Seorang remaja laki-laki yang menjadi pentolan di sekolahnya karena sifatnya yang berandal. Tak jarang ia masuk keluar BK. Ada saja masalah yang ia buat mulai dari berantem, jadi pelopor tawuran, dan lain-lain. Tak disangka Nathan jatuh cinta pada seorang gadis yang merupakan teman seangkatan di sekolahnya. Salma namanya. Namun Salma memiliki sifat yang cenderung bertolak belakang dengan sifat Nathan. Perbedaan mereka bagaikan langit dan bumi. Namun tidak menutup kemungkinan jika perbedaan itu bisa saling melengkapi. Perbedaan diantara merekalah yang membuat mereka bersatu.

    BalasHapus
  20. GERAKAN LITERASI SMANDA
    Nama : Ryana Rahma K.
    No : 33
    Kelas : XI IPS 4
    Judul : 14 Hari Bisa Jadi Pengusaha

    Ngga bisa jualan, bisa juga punya usaha..?
    Ada kekhawatiran besar bagi calon wirausahawan/ wirausahawati bahwa mereka ingin usaha tapi tidak bisa jualan. Apalagi jika sudah membayangkan, bagaimana jika harus menawar-nawarkan barang ke pembeli.
    Solusinya yaitu :
    1. Cari partner yang bisa jualan
    2. Cari karyawan bagian penjualan (sales)
    3. Pilih jenis usaha yang focus di produksi
    4. Latiha ilmu jualan langsung

    BalasHapus
  21. Nama : Mayta Anggraeni
    No : 22
    Kelas : XI IPS 4
    Judul : 3.600 detik

    Sandra dan Leon adalah dua orang yang memiliki perbedaan bagaikan langit dan bumi. Sandra yang memiliki kepribadian urakan dan suka membuat onar mendadak berubah menjadi pribadi yang lebih baik, yang membuat orang disekitarnya heran. Tapi, mereka tau bahwa Leon lah yang membuat Sandra berubah. Waktu terus berjalan dan mereka menjadi teman yang memiliki perasaan suka diantara mereka.

    BalasHapus
  22. Nama :Aniq Farihah
    Kelas :XI IPS 4
    Judul :Cerita Rakyat “Putri Mandalika”
    Pada zaman dahulu di daerah lombok terdapatlah suatu negri bernama Eberu.Raja Eberu mempunyai putri Mandalika yg cantik dan sangat menawan.Banyak pria termasuk para pangeran dan putra bangsawan terpandang berupaya memperistri ada pula yg melamarnya.itu semua tidak membuat sang putri bahagia ,justru membuatnya bimbang dan sedih.Dengan keadaan seper itu ,menjadikan bimbang untuk mengambil keputusan .sehingga menyebabkan sang putri bunuh diri dengan terjun ke laut .Sebelum bunuh diri sang putri pernah berpesan ,”jika ingin bertemu dengan’ku maka datang lah ke laut pada tanggal 20 bulan 10.Setahun kemudian tepat tanggal 20 bulan 10 rakyat berbondong bondong ka laut untuk menemui sang putri ,tetapi yg ada hanya ikan se kecil cacing.kemudian rakyat mengira itu adalah jelmaan sang putri dan sejak saat itu setiap tanggal 20 bulan 10 rakyat eberu senantiasa mencari ikan se kecil cacing di pantai.

    BalasHapus
  23. Nama:Izaz Maulida N.
    Kelas: XI IPS 4
    Judul Buku:Tapak Tuan dari Sumatra

    Buku ini menceritakan tentang kehidupan sepasang nagaraksasa yang hidup di dalam gua dengan tenang. Suatu hari mereka menemukan bayi perempuan, kemudian mereka merawatnya dengan penuh kasih sayang yang terkesan berlebihan yang menyebabkan sang gadir tidak mengetahui dunia luar. Suatu hari sang gadis pergi ke dunia luar karena rasa penasarannya yang sudah besar sehingga kedua naga mencarinya ke seluruh wilayah dan menemukan sang putri berada di atas perahubersambeberapa orang lain dan meyebabkan sang naga marah dan bertarung dengan seorang pertapa dan dimenangkan oleh pertapa dan kedua naga di sembelih.

    BalasHapus
  24. Nama : Evi Afifah Susanto
    Kelas : XI IPS 4/ 11
    Judul : Kumpulan Dongeng Rakyat Nusantara - Asal Mula Upacara Kasada

    Ada sepasang suami istri yang bahagia tetapi kesepian karena tidak adanya kehadiran seorang anak. Mereka pun bersemedi di kaki gunung Bromo agar mendapatkan anak. Doa mereka pun dikabulkan oleh Dewa Brahma. Bahwa kelak mereka akan dikaruniai 25 anak, asal anak pertama harus di korbankan. Akhirnya mereka memiliki 25 anak, anak pertama mereka laki laki dan di beri nama Kusuma. Sampai saatnya tiba, mereka harus mengorbankan anak pertama mereka untuk dilemparkan ke kawah gunung bromo. Pada hari yang ditentukan dibawalah Kusuma ke kawah gunung Bromo, ia diserahkan sebagai korban. Kemudian ia dilemparkan ke kawah gunung Bromo. Dan untuk menghormati roh Kusuma, masyarakat mengadakan upacara korban di bawah gunung Bromo.

    BalasHapus
  25. GERAKAN LITERASI SMANDA
    HARUS BISA:SENI PEMIMPIN ALA SBY
    MERESPON MASALH SECARA REAL TIME
    KARANGAN Dr.Dino Patti Djalal
    Dalam masa krisis dimana situasi bergulir dengan cepat, satu elemen yang sangat penting adalah respon yang real time. Real time disini berarti tepat waktu dan tidak tertinggal oleh roda – roda perkembangan kejadian. Seorang pemimpin bisa membuat respon yang tepat, namun respon tersebut bisa tidak efektif jikalau tidak dilakukan secara real time. Keterlambatan dalam merespon, yang biasanya datang dari sikap mengulur – ngulur waktu dapat berakibat fatal dalam situasi krisis misalnya kasus penyanderaan, merebaknya virus berbahaya seperti SARS atau H5N1, pengejaran teroris, atau stock market crash.Karenanya, seorang pemimpin yang menjadi crisis leader harus selalu dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, serta sepadan dengan tuntutan policy response terhadap krisis tersebut.

    Jundi Azzam Izzaudin/ XI IPS 4/ 19

    BalasHapus
  26. Dewi Masitoh/XI IPS 4/09
    Buku yang dibaca : Cerita Rakyat – Sangkuriang
    Legenda ini berasal dari Provinsi Jawa Barat yang menceritakan seorang wanita uang bernama Dayang Sumbi yang menikahi anjingnya yang bernama Situmang. Kemudian mereka memiliki anak yang bernama Sangkuriang. Setelah diketahui penduduk, Dayang Sumbi diusir ke hutan, sedangkan Sangkuriang dirawat oleh penduduk. Suatu hari Sangkurian bertemu Dayang Sumbi dan ingin menikahinya. Dayang Sumbi tidak mau, tetapi Sangkuriang tetap memaksa. Akhirnya dayang Sumbi memberikan syarat bahwa Sangkuriang harus mampu membuat perahu dalam waktu satu malam. Ketika perahu hampir selesai, Dayang Sumbi sengaja membuat ayam berkokok agar Sangkuriang tidak bisa menyelesaikan tugasnya. Sangkuriangpun marah dan menendang perahu tersebut sehingga terbalik. Tiba-tiba perahu itu berubah menjadi gunung, yang saat ini dikenal dengan Gunung Tangkuban Perahu.

    BalasHapus
  27. GERAKAN LITERASI SEKOLAH
    NAMA : ANGGI KUSUMAWATI
    KELAS/NO : XI IPS 4/05
    JUDUL BUKU: PULANG
    TANGGAL :2 AGUSTUS 2016

    Seorang remaja bernama Bujang, menginap di sebuah hotel yang berada di Hong Kong. Pukul 07.00 pagi pintu kamarnya diketuk, seorang pelayan hotel memberikan sebuah amplop. Amplop tersebut dari keluarga Lin, mereka memintanya datang pukul 9 malam untuk menyelesaikan masalah keluarga. Karena tidak mungkin datang sendirian Bujang mencari anggota lain untuk menjadi timnya. Akhirnya dia mendapatkan 3 orang dan mereka membentuk tim untuk menemui keluarga Lin.

    BalasHapus
  28. NAMA : AFRIAN DWI CAHYADI
    KELAS : XI IPS 4
    NO : 02

    APA ITU PEMANASAN GLOBAL?
    Indikasi pemanasan global atau global warming yaitu :
    • Perubahan musim tidak menentu
    • Hujan badai terjadi dimana-mana
    • Gagal panen terus-menerus
    • Hewan berkembang biak sebelum waktunya
    • Pulau kecil tenggelam akibat naiknya permukaan air
    Penyebab utama pemanasan global adalah pembakaran bahan bakar fosil, sepertri batubara, minyak bumi, dan gas alam yang melepaskan karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer.
    Dampak pemanasan global yaitu krisis air bersih, gagal panen, dan kebakaran hutan.



    BalasHapus
  29. Nama : Peni Nur Widiyanti
    Judul Buku : Cerita Rakyat Seri Legenda dari Indonesia Timur
    Tanggal : 2 Agustus 2016

    Gerakan Literasi Smanda
    Bulan dan Sagu di Ibuanari

    Alkisah pada zaman dahulu, di desa Ibuanari hidup seorang kepala suku dan kelompoknya yang suka merampok dan membunuh orang. Mereka biasa merampok sagu dari orang-orang yang lewat. Mereka sangat menyukai sagu namun tidak bisa memproduksi sagu. Singkat cerita mereka ingin menyantap sagu dengan bulan, namun rencana mereka gagal karena menara yang mereka susun roboh dan menimpa mereka. Banyak sagu-sagu yang berceceran dan masyarakat meyakini, di Papua terdapat banyak sagu karena biji sagu yang bertebaran pada saat itu tumbuh subur.

    Peni Nur Widiyanti/28/XI IPS 4

    BalasHapus
  30. GERAKAN LITERASI SMANDA
    Nama : Kartika Barkahani
    No : 20
    Kelas : XI IPS 4
    Judul : Azalea
    Bab : Koinobori

    Kenichi Matsumoto seorang lelaki yang sangat menyukai Koinobori sejak kecil. Bendera koinobori merupakan bendera ikan-ikan dengan warna hitam, merah, biru, hijau, orange. Bendera ikan koi melambangkan kebersamaan orang tua dan anak yang tetap menyatu, meski tertiup angin. Kenichi selalu menunggu musim semi. Suatu ketika Kenichi bertemu dengan seorang gadis kecil, nampaknya dia pernah melihat. Rupanya gadis kecil itu adalah adik dari sahabat saat masih SMA. Sahabta karib Kenichi adalah Eiji Akimoto. Tepat pada ulang tahun ke- 19, Eiji mengalami kecelakaan saat melakukan upacara kebaktian untuk neneknya. Kecelakaan telah merenggut nyawanya. Gadis kecil itu bernama Reiko, Reio sudah menganggap Kenichi sebagai kakak pengganti Eiji. Ternyata Kenichi memiliki rasa yang beda terhadap Reiko, dia menganggap Reiko sebagai adik, namun dia memiliki perasaan lebih dari rasa sayang kakak adik. Tetapi Kenichi takut untuk mengungkapkan rasa itu.

    BalasHapus
  31. GERAKAN LITERASI SMANDA
    Nama : Hadiyatun Nadhiroh
    No : 15
    Kelas : XI IPS 4
    Judul : Abu Bakar As-Shidiq dan Umar Bin Khatab

    Abu Bakar As-Shidiq dan Umar Bin Khatab merupakan sahabat Rasulullah yang menjadi khalifah. Abu Bakar terkenal dengan kecintaannya kepada Allah dan Rasul. Abu Bakar juga sahabat Rasulullah sebelum Rasulullah menjadi Rasul. Begitu pula dengan Umar Bin Khatab selama menjadi khalifah, ia menegakkan hukum Islam yang benar.

    BalasHapus
  32. Nama : Peni Nur Widiyanti
    Judul Buku : Cerita Rakyat Seri Legenda dari Indonesia Timur
    Tanggal : 2 Agustus 2016

    Gerakan Literasi Smanda
    Bulan dan Sagu di Ibuanari

    Alkisah pada zaman dahulu, di desa Ibuanari hidup seorang kepala suku dan kelompoknya yang suka merampok dan membunuh orang. Mereka biasa merampok sagu dari orang-orang yang lewat. Mereka sangat menyukai sagu namun tidak bisa memproduksi sagu. Singkat cerita mereka ingin menyantap sagu dengan bulan, namun rencana mereka gagal karena menara yang mereka susun roboh dan menimpa mereka. Banyak sagu-sagu yang berceceran dan masyarakat meyakini, di Papua terdapat banyak sagu karena biji sagu yang bertebaran pada saat itu tumbuh subur.

    Peni Nur Widiyanti/28/XI IPS 4

    BalasHapus
  33. Nama : Indri Aryuni
    Judul Buku : A Single Shard

    Gerakan Literasi SMANDA
    Sebuah buku yang menceritakan suatu hasrat yang dimiliki seorang anak atim piatu bernama Tree-ear yang tinggal di kolong jembatan dan biasa memungut makanan di tempat sampah. Mimipinya yaitu menciptkan vas keramik.
    Dia mengubah jalan hidupnya dengan bekerja sebegai pembantu seorang perajin keramik terbaik di desa Ch’ulp’o, bernama Min.
    Suatu hari, dia harus mengantar karya indah Min dari seorang utusan kerajaan, dan nyaris gagal menyelesaikan perjaanan, hingga karya indah Min hancur berkeping-keping, tetapi hanya tersisa sebuah kepingan pecahannya. Dari kepinga itu, ternyata dapat mengubah nasib Tree-ear dan Min.
    Indri Aryuni/XI IPS 4/17

    BalasHapus
  34. Pengertian kelompok sosial

    Kelompok 3: 1. Vina Idamatus Shilmi M.
    2. Anita Larasati
    3. Trie Bunga Aldila A.
    4. Muhammad Alam A.
    5. Dicky Aries P.

    • Pengertian struktur sosial

    Struktur sosial berasal dari kata structum yang berarti menyusun, membangun untuk sebuah gedung dan lebih umum dipakai istilah konstruksi yang berari kerangka. Kata konstruksi memang tidak lazim untuk bangunan masyarakat, sebagai istilah ilmiah dipakai kata struktur sosial.
    Pengertian struktur sosial menurut pendapat para ahli.
    – Soerjono Soekanto: struktur sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan peranan-peranan sosial.
    – E. R. Lanch: cita-cita tentang distribusi kekuasaan diantara individu dan kelompok sosial.
    – Raymond Flirth: pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan meliputi pula lembaga-lembaga di mana orang banyak tersebut ambil bagian.
    Dari definisi tersebut diatas disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat, yang di dalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan yang mengacu pada suatu keteraturan perilaku di dalam masyarakat


    Kebumen, 3 Agustus 2016

    BalasHapus
  35. kelompok 1/XII IPS 1
    Anindya Putri N. A.
    Asna Fura Eda
    Ayu SUlistiani
    Catur Fitri A
    Dian NUrlita P

    kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
    kurangnya hubungan dan interaksi suatu masyarakat dengan lingkungan diluar masyarakat tersebut yang seharusnya dapat meperbaiki, memperkaya dan menambah kebudayaan sendiri, dengan kurangnya hubungan dengan masyarakat tersebut menyebabkan terhambatnya perubahan sosial masyarakat tersebut.
    contohnya: suku kubu, suku polahi,suku korawi dan masih banyak lainnya.

    SUKU KUBU

    Di pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Jambi memang kini sudah menjadi kota yang berkembang. Namun masyarakat Jambi juga masih memiliki segelintir kalangan yang hidup kesukuan yang jauh di tengah hutan. Suku anak dalam atau yang juga dikenal dengan nama suku Kubu merupakan salah satu suku paling terasing di Indonesia. Suku ini pun masih hidup nomaden atau berpindah-pindah, bahkan sistem kepercayaan yang mereka anut pun masih sangat kuno. Disebutkan jika suku anak dalam masih menyembah dewa atau roh dari para leluhur.

    SUKU POLAHI

    Sedikit bergeser ke Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Utara juga memiliki suku yang sangat terasing. Suku yang menghuni hutan Boliyahato di kota Gorontalo ini menjadi salah satu suku yang paling tertinggal di Indonesia. Pola hidup mereka yang berpindah-pindah dan mereka sama sekali belum pernah bersentuhan dengan kehidupan luar. Menurut catatan dari berbagai sumber, suku terasing ini bahkan sama sekali tidak mengenal kepercayaan.

    SUKU KOROWAI

    Negeri timur Indonesia, Papua memang tidak banyak mendapat sorotan dari dunia luar. Meski Papua sebenarnya menjadi salah satu tanah tersubur di Indonesia bumi Cendrawasih ini masih jauh dari modernisasi. Bahkan beberapa suku budaya yang hidup disana pun masih kental dengan adat istiadat mereka sendiri. Tapi suku yang boleh dikatakan sebagai suku yang paling terasing adalah suku Korowai. Suku Korowai merupakan masyarakat Indonesia yang hidup di hutan-hutan pedalaman Papua. Kaum dari suku Korowai terbilang sangat sangat terasing, jika beberapa suku lain di tanah Papua sudah mengenal baju suku ini sama sekali tidak mengenakan apa-apa bahkan termasuk koteka. Suku ini disebut bermukim diatas pohon, bahkan menurut penelusuran di beberapa sumber rumah suku ini bisa berada diatas ketinggian hingga 50 sampai 100 meter dari permukaan tanah.

    BalasHapus