Jumat, Juni 05, 2009

Model ARCS (Keller, 1983)

 Attention (perhatian) Pembelajaran supaya menarik perhatian siswa: metode bervariasi, media yang menarik,ada humor, contoh nyata, Tanya jawab, dll.
 Relevance (Relevansi) ada hubungan antara materi dengan kebutuhan dan kondisi siswa: nilai personal, nilai instrumental, nilai cultural: menjelaskan manfaat dan kegunaan, memberikan contoh-contoh, latihan dan tes.
 Confidence (percaya diri) merasa dirinya kompeten atau mampu dengan adanya keberhasilan yang dicapai: meningkatkan harapan siswa untuk berhasil.
 Satisfaction (kepuasan) keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan akan menghasilkan kepuasan. Strateginya, gunakan pujian dan umpan balik, beri kesempatan siswa menugasi yang menguasai untuk membantu sesame teman, suruh siswa membandingkan prestasinya dengan prestasi sebelumnya.

sumber : tot gr pmd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar