Minggu, November 01, 2009

PERUBAHAN SOSIAL

PENDAHULUAN
Masyarakat dan kebudayaan manusia di manapun selalu berada dalam keadaan berubah. Pada masyarakat-masyarakat dengan kebudayaan primitif, yang hidup terisolasi jauh dari berbagai jalur hubungan dengan masyarakat-masyarakat lain di luar dunianya sendiri, perubahan yang terjadi dalam keadaan lambat. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat berkebudayaan primitif tersebut, biasanya telah terjadi karena adanya sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan itu sendiri, yaitu karena perubahan dalam hal jumlah dan komposisi penduduknya dan karena perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup.
Sedangkan dalam masyarakat-masyarakat yang hidupnya tidak terisolasi dari atau yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat-masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung untuk berubah secara cepat dibandingkan dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat berkebudayaan primitif seperti tersebut di atas. Perubahan yang terjadi secara lebih cepat tersebut, disamping karena faktor-faktor perubahan jumlah dan komposisi penduduk serta perubahan lingkungan hidup juga telah disebabkan oleh adanya difusi atau adanya penyebaran kebudayaan lain ke dalam masyarakat yang bersangkutan, penemuan-penemuan baru khususnya penemuan-penemuan teknologi dan inovasi.
Uraian berikut ini berusaha untuk menjelaskan hakekat perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial manusia, implikasinya terhadap ketertiban sosial dan bagaimana warga masyarakat yang bersangkutan berpartisipasi di dalamnya. Uraian dalam tulisan ini akan mencakup pembahasan mengenai perubahan sosial dan perubahan kebudayaan, faktor-faktor pendorong terwujudnya perubahan sosial manusia, proses penerimaan dan penolakan terhadap pembaruan yang terjadi dalam masyarakat oleh warga yang bersangkutan, dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan yang berisikan antara lain sebuah kerangka dasar berkenaan dengan syarat-syarat suatu unsur baru dapat diterima dalam suatu masyarakat.
PERUBAHAN SOSIAL DAN PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Ada perbedaan pengertian antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan. Yang dimaksud dengan perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan dalam pola-pola hubungan sosial, yang antara lain mencakup, sistem status, hubungan-hubungan dalam keluarga, sistem-sistem politik dan kekuatan, dan persebaran penduduk. Sedangkan yang dimaksud dengan perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama oleh para warga atau oleh sejumlah warga masyarakat yang bersangkutan, yang antara lain mencakup, aturan-aturan atau norma-norma yang digunakan sebagai pegangan dalam kehidupan warga masyarakat, nilai-nilai, teknologi, selera dan rasa keindahan atau kesenian dan bahasa.
Walaupun perubahan sosial dibedakan dari perubahan kebudayaan, tetapi pembahasan-pembahasan mengenai perubahan sosial tidak akan dapat mencapai suatu pengertian yang benar tanpa harus juga mengkaitkannya dengan perubahan kebudayaan yang terwujud dalam masyarakat yang bersangkutan. Hal yang sama juga berlaku dalam pembahasan-pembahasan mengenai perubahan kebudayaan.
Salah satu bentuk proses perubahan sosial yang terwujud dalam masyarakat dengan kebudayaan primitif maupun dengan kebudayaan yang kompleks atau maju, adalah proses imitasi yang dilakukan oleh generasi yang lebih muda terhadap kebudayaan dari generasi yang lebih tua. Proses imitasi dilakukan dengan belajar meniru, yang belum tentu atau bahkan yang kebanyakan tidak sempurna, dari berbagai pola tindakan generasi orang tua. Sehingga hasilnya adalah adanya perubahan yang berjalan secara lambat dan teratur, dan yang baru terasa perubahannya setelah dilihat dalam suatu jangka waktu yang panjang dari proses pewarisan kebudayaan tersebut.
Proses lain yang biasanya juga berjalan secara lambat dan teratur, yang pada umumnya berlaku dalam masyarakat dengan kebudayaan primitif adalah hasil suatu proses alamiah dimana jumlah dan komposisi dari generasi anak berbeda dengan jumlah dan komposisi penduduk generasi tua dari masyarakat yang bersangkutan. Sehingga, secara lambat dan juga biasanya tanpa disadari, berbagai pola kelakuan, norma-norma, nilai-nilai, dan pranata-pranata telah berubah karena sebagian dari unsur-unsur kebudayaan dan struktur sosial yang telah berlaku harus dirubah disesuaikan dengan jumlah dan komposisi dari penduduk yang menjadi warga dari masyarakat tersebut.
Sedangkan perubahan yang terjadi dalam masyarakat yang sudah maju atau kompleks kebudayaannya daripada masyarakat dengan kebudayaan primitif yang terisolasi kehidupannya, biasanya terwujud dengan melalui proses penemuan (discovery), penciptaan bentuk baru (invention), dan melalui proses difusi (persebaran unsur-unsur kebudayaan). Dengan melalui proses-proses tersebut di atas, perubahan sosial biasanya berjalan dengan cepat. Sehingga, berbagai nilai, norma, dan pola-pola hubungan sosial yang tadinya berlaku pada generasi sebelumnya dalam masyarakat tersebut bisa tidak berlaku lagi dan diganti oleh yang lainnya.
Penemuan (discovery) adalah suatu bentuk penemuan baru yang berupa persepsi mengenai hakekat sesuatu gejala atau hakekat mengenai hubungan antara dua gejala atau lebih. Suatu penemuan (discovery) mengenai bentuk bumi yang bulat dan bukannya datar, telah menyebabkan adanya berbagai kegiatan yang berkenaan dengan itu yang mewujudkan adanya perubahan sosial pada masyarakat-masyarakat di Eropa Barat pada abad ke-16. Perubahan sosial tersebut telah terjadi karena adanya usaha-usaha untuk melayari bumi tanpa harus takut untuk sampai ke ujung dunia yang tidak berujung pangkal, sebagaimana disangkakan semula, guna mencari rempah-rempah dan benda-benda berharga lainnya.
Sedangkan ciptaan baru (invention) adalah suatu pembuatan bentuk baru yang berupa benda atau pengetahuan yang dilakukan dengan melalui proses penciptaan yang didasarkan atas pengkombinasian dari pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada mengenai benda dan gejala. Contohnya, sepotong kayu yang berbentuk seperti tongkat dan sebuah batu hitam adalah dua benda alamiah. Kedua benda ini kalau dihubungkan satu dengan lainnya dapat menjadi sebuah tugal atau alat untuk melubangi tanah guna menaruh biji-bijian yang ditanam di ladang. Caranya adalah dengan pengkombinasian pengetahuan mengenai perlunya ujung tongkat yang tajam untuk melubangi tanah dan batu hitam yang keras permukaannya, dan bahwa penajaman ujung kayu dapat dilakukan dengan cara mengasahkannya pada permukaan benda yang keras dan kasar, dan bahwa batu hitam yang keras dan kasar tersebut dapat digunakan untuk mengasah tongkat kayu sehingga tajam ujungnya; dan menghasilkan alat yang namanya tugal.
Contoh yang lain lagi dari penciptaan baru adalah ditemukannya listrik, yang bersumber pada pengetahuan bahwa gesekan menimbulkan listrik, dan bahwa benda-benda tertentu dapat menghasilkan listrik lebih banyak bila digesekkan satu dengan lainnya, dan bahwa diperlukan tehnik-tehnik penggesekkan tertentu untuk menghasilkan listrik, dan benda-benda tertentu yang dapat menerima arus listrik tanpa membahayakan keselamatan jiwa dan raga manusia. Kombinasi dari pengetahuan ini menghasilkan serentetan penemuan baru, yaitu: alat-alat penghasil tenaga listrik, benda-benda atau alat-alat yang dapat menyalurkan arus listrik, dan alat-alat yang dapat memanfaatkan arus tenaga listrik tersebut sebagai sumber energi sehingga dapat berguna bagi manusia.
Dengan adanya penciptaan-penciptaan baru tersebut, berbagai sarana perlu juga dipikirkan untuk diciptakan guna mendukung bermanfaatnya hasil-hasil ciptaan baru; sehingga serentetan ciptaan baru juga dilahirkan, dan dengan demikian sejumlah alat-alat hasil ciptaan baru tersebut telah mengambil alih peranan dari tenaga kasar manusia atau mengambil alih fungsi-fungsi anggota-anggota tubuh manusia dalam berbagai aspek kehidupannya.
Tetapi penemuan baru maupun penciptaan baru tidaklah dapat begitu saja merubah kehidupan sosial manusia tanpa melalui suatu proses difusi. Difusi adalah persebaran unsur-unsur kebudayaan dari masyarakat yang satu ke masyarakat yang lain dan dari warga masyarakat yang satu ke warga yang lain dari masyarakat yang bersangkutan. Persebaran unsur kebudayaan adalah suatu proses, yaitu proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan tersebut oleh warga masyarakat yang bersangkutan.
Suatu unsur kebudayaan baru, yang berupa penciptaan ataupun penemuan baru, tidak akan dapat digunakan dan mempunyai fungsi merubah kehidupan sosial warga masyarakat yang bersangkutan tanpa melalui proses difusi. Suatu unsur baru dapat saja ditolak oleh warga masyarakat yang bersangkutan sehingga unsur kebudayaan baru tersebut tidak mempunyai arti apapun dalam kehidupan sosial. Contohnya adalah penolakan cara mengerjakan sawah secara lebih intensif dengan menggunakan mesin traktor yang dilakukan oleh para petani di pulau Bali.
Para petani di Bali menganggap bahwa cara bertani dengan menggunakan traktor tidak menguntungkan, karena biaya perawatannya yang cukup mahal dari mereka, dan juga karena traktor bisa rusak dan tidak bisa digunakan lagi, serta traktor tidak dapat beranak. Sehingga mereka menganggap bahwa mengerjakan sawah dengan menggunakan traktor lebih banyak ruginya daripada untungnya; khususnya kalau mereka bandingkan dengan penggunaan sapi dalam pertanian sawah. Menurut mereka, sapi tidak merugikan dan bahkan menguntungkan. Biaya pemeliharaannya murah, tidak pernah tidak berguna, dapat beranak, dan kotorannya dapat digunakan sebagai pupuk.
Dari contoh penolakkan terhadap pemasukkan traktor untuk digunakan sebagai alat meningkatkan hasil pertanian sawah, nampah bahwa arti kegunaan traktor lebih merugikan daripada menguntungkan dibandingkan dengan arti kegunaan sapi, sehingga traktor bagi petani Bali memberikan pengertian yang dikaitkan dengan sesuatu yang merugikan atau negatif. Fungsi traktor dalam kehidupan sosial dan khususnya untuk kegiatan-kegiatan pertanian sawah harus didukung oleh sejumlah unsur yang harus mendukung fungsi tersebut, antara lain, onderdil atau spare parts untuk reparasi, montir-montir yang dapat mereparasi atau memelihara kelancaran mesinnya, bensin atau minyak solar yang digunakan untuk menggerakkan mesinnya, pompa bensin/minyak solar, tempat menyimpan bensin/minyak solar yang aman dari bahaya kebakaran. Kesemuanya ini terasa lebih ruwet dan mahal dibandingkan dengan penggunaan/pemeliharaan sapi.
Dalam proses difusi antara dua masyarakat yang berdekatan, maka bila yang satu lebih sederhana kebudayaannya daripada yang satunya lagi, masyarakat yang kebudayaannya lebih sederhanalah yang lebih banyak menerima kebudayaan dari masyarakat yang lebih maju atau kompleks; dan bukan sebaliknya. Contohnya adalah hubungan antara masyarakat kota dengan masyarakat desa. Lebih banyak unsur-unsur kebudayaan kota yang diambil alih dan diterima untuk dijadikan pegangan dalam berbagai kehidupan sosial warga desa daripada unsur-unsur kebudayaan desa yang dijadikan pegangan bagi pengaturan kehidupan sosial warga masyarakat kota.
Perubahan-perubahan yang terwujud karena inovasi (inovasi adalah istilah yang dipakai untuk pengertian baik untuk discovery maupun untuk invention) dan karena difusi dari inovasi telah dipercepat lagi prosesnya oleh kekuatan-kekuatan teknologi, industrialisasi, dan urbanisasi. Ketiga-tiganya secara bersama-sama menghasilkan proses modernisasi dalam masyarakat yang bersangkutan. Teknologi modern, secara disadari atau tidak oleh para warga masyarakat yang bersangkutan, telah menciptakan keinginan- keinginan dan impian-impian baru berkenaan dengan kehidupan yang ingin dijalani (yaitu berupa memperoleh berbagai peralatan yang serba modern dan luks secara lebih banyak dan lebih baik daripada yang sudah dipunyai, kondisi kehidupan yang lebih nyaman dan nikmat), dan memberikan jalan-jalan yang dapat memungkinkan dilaksanakannya usaha-usaha untuk memperbaiki kondisi-kondisi sosial dalam masyarakat.
Teknologi secara langsung berkaitan dengan industrialisasi. Industrialisasi dan mesinisasi cenderung merubah dasar-dasar atau hakekat pengertian kebendaan atau materi yang ada dalam masyarakat, dan secara tidak langsung mempercepat proses perubahan pengorganisasian berbagai kegiatan sosial yang ada dalam masyarakat. Dari contoh pemasukkan traktor di pulau Bali tersebut di atas, jika sekiranya traktor tersebar di pedesaan dan mekanisasi atau mesinisasi pertanian berjalan sebagaimana yang direncanakan, maka berbagai sarana harus disediakan untuk menunjang unsur traktor tersebut. Sarana-sarana ini antara lain, bahan bakar untuk traktor, spare parts, bengkel-bengkel, montir-montir dan disamping itu juga matinya usaha pemeliharaan sapi, matinya kegiatan gotong royong dalam pertanian, dan mengganggunya buruh-buruh tani yang biasa menyediakan tenaga kasar mereka di bidang pertanian.
Teknologi dan industrialisasi langsung atau tidak langsung mempunyai pengaruh terhadap terwujudnya proses urbanisasi. Urbanisasi yang disatu pihak dilihat sebagai cara hidup kota dan dipihak yang lain dilihat sebagai perpindahan penduduk dari desa ke kota secara langsung ataupun tidak langsung dipengaruhi oleh adanya kemajuan teknologi dan industrialisasi. Dari contoh orang Bali tersebut di atas, para buruh tani yang telah tidak mempunyai pekerjaan di desa terpaksa harus meninggalkan desanya mencari pekerjaan di tempat-tempat dimana kesempatan untuk bekerja masih ada. Kesempatan bekerja yang kemungkinan terbesar masih ada adalah di kota, karena di kota mata pencaharian tidak didasarkan pada mengolah lingkungan alam untuk memperoleh bahan mentah, tetapi berdasarkan atas jasa. Perubahan mata pencaharian dari mengolah alam kepada jasa dimungkinkan oleh tingkat perkembangan teknologi dan industrialisasi.
Proses urbanisasi juga menyebabkan adanya percepatan proses perubahan dalam masyarakat, baik yang ditinggalkan maupun yang didatangi, yang juga mewujudkan adanya proses penataan kehidupan sosial kembali oleh mereka yang menjadi warga masyarakat yang bersangkutan. Orang-orang desa yang datang ke kota yang biasanya hidup dalam berbagai peraturan adat yang ketat berkenaan dengan masalah moral, dapat berubah dan menerima norma-norma yang longgar berkenaan dengan masalah moral ini mengakibatkan adanya berbagai masalah keluarga dan sosial di antara mereka.
PENERIMAAN TERHADAP PERUBAHAN
Di antara berbagai faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya sesuatu unsur kebudayaan baru atau asing dalam suatu masyarakat yang biasanya cukup berperan adalah:
1. Terbiasanya masyarakat tersebut mempunyai hubungan/kontak kebudayaan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut, yang mempunyai kebudayaan yang berbeda. Sebuah masyarakat yang terbuka bagi hubungan-hubungan dengan orang yang beraneka ragam kebudayaannya, cenderung menghasilkan warga masyarakat yang bersikap terbuka terhadap unsur-unsur kebudayaan asing. Sikap mudah menerima kebudayaan asing lebih-lebih lagi nampak menonjol kalau masyarakat tersebut menekankan pada ide bahwa kemajuan dapat dicapai dengan adanya sesuatu yang baru, yaitu baik yang datang dan berasal dari dalam masyarakat itu sendiri, maupun yang berasal dari kebudayaan yang datang dari luar.
2. Kalau pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam kebudayaan tersebut ditentukan oleh nilai-nilai yang bersumber pada ajaran agama; dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada dalam masyarakat tersebut; maka penerimaan unsur-unsur kebudayaan yang baru atau asing selalu mengalami kelambatan karena harus di sensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan pada ajaran agama yang berlaku. Dengan demikian, suatu unsur kebudayaan baru akan dapat diterima jika unsur kebudayaan yang baru tersebut tidak bertentangan dengan ajaran agama yang berlaku, dan karenanya tidak akan merusak pranata-pranata yang sudah ada.
3. Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan unsur kebudayaan baru. Suatu struktur sosial yang didasarkan atas sistem otoriter akan sukar untuk dapat menerima suatu unsur kebudayaan baru, kecuali kalau unsur kebudayaan baru tadi secara langsung atau tidak langsung dirasakan oleh rezim yang berkuasa sebagai sesuatu yang menguntungkan mereka.
4. Suatu unsur kebudayaan baru dengan lebih mudah diterima oleh suatu masyarakat kalau sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimanya unsur kebudayaan yang baru tersebut. Di pedesaan di pulau Jawa, adanya sepeda sebagai alat pengangkut dapat menjadi landasan memudahkan di terimanya sepeda motor di daerah pedesaan di Jawa; dan memang dalam kenyataan demikian.
5. Sebuah unsur baru yang mempunyai skala kegiatan yang terbatas dan dapat dengan mudah dibuktikan kebenarannya oleh warga masyarakat yang bersangkutan, dibandingkan dengan sesuatu unsur kebudayaan yang mempunyai skala luas dan yang sukar secara konkrit dibuktikan kegunaannya. Contohnya adalah diterimanya radio transistor dengan mudah oleh warga masyarakat Indonesia, dan bahkan dari golongan berpenghasilan rendah merupakan benda yang biasa dipunyai.
Dari beberapa pokok pembicaraan yang dikemukakan di atas berkenaan dengan penerimaan unsur-unsur baru, dapat dikatakan bahwa inovasi bisa terdapat karena: 1) inovasi tersebut bertentangan dengan pola-pola kebudayaan yang sudah ada; 2) kalau inovasi tersebut akan mengakibatkan perubahan pola-pola kebudayaan dan struktur sosial yang sudah ada dan menggantikannya dengan yang baru; 3) kalau inovasi tersebut bersifat mendasar berkenaan dengan pandangan hidup atau nilai yang ada dalam masyarakat bersangkutan: misalnya “free lover” untuk masyarakat Indonesia akan ditentang kalau harus diterima sebagai suatu cara hidup; 4) disamping itu bila inovasi itu dianggap terlalu mahal biayanya juga akan terhambat dalam penciptaannya maupun dalam penyebaran atau difusinya, terkecuali kalau oleh kelompok yang digolongkan sebagai “vested interests” (suatu kelompok yang mempunyai pengaruh atas kehidupan sosial dan mempunyai andil untuk menarik keuntungan atas kehidupan sosial yang ada) inovasi tersebut dianggap menguntungkan maka inovasi akan diterima.
Penerimaan atas unsur baru atau inovasi dapat mengakibatkan terwujudnya berbagai kekacauan sosial yang merupakan perwujudan- perwujudan dari proses perubahan sosial, sebelum inovasi tersebut diterima dengan mantap dan menjadi baku dalam tata kehidupan sosial yang berlaku dalam masyarakat. Kekacauan sosial tersebut biasanya dinamakan sebagai disorganisasi sosial (social disorganization). Dalam keadaan kekacauan sosial ini, aturan-aturan atau norma-norma lama sudah tidak berlaku lagi atau sebagian-sebagian masih berlaku sedangkan aturan-aturan atau norma-norma lama tersebut dalam mengatur kehidupan sosial warga masyarakat. Sehingga dalam tahap ini terdapat semacam kebingungan atau kekacauan dalam berbagai bidang kehidupan sosial.
Bila unsur-unsur baru telah mantap diterima dan norma-norma atau aturan-aturan baru telah mantap menjadi pegangan dalam berbagai kegiatan sosial, maka dapatlah dikatakan bahwa masyarakat tersebut telah mencapai tingkat tertib sosial lagi. Tidak selamanya suatu penerimaan inovasi menimbulkan kekacauan sosial. Kekacauan sosial terwujud bila inovasi tersebut menyebabkan adanya perubahan-perubahan yang mendasar pada pranata-pranata yang ada dalam masyarakat yang bersangkutan.
KESIMPULAN
Uraian dalam tulisan ini telah memberikan suatu penjelasan mengenai hakekat perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial manusia, faktor-faktor yang turut mempengaruhi tingkat dan corak perkembangan itu, dan implikasi dari perubahan tersebut terhadap kehidupan manusia bermasyarakat.
Suatu perubahan sosial selalu terwujud dalam bentuk adanya kekacauan dalam kehidupan sosial; tetapi tidak semua perubahan ini mewujudkan kekacauan sosial yang besar. Yang terbanyak adalah adanya kekacauan dalam ruang-ruang lingkup kehidupan sosial yang kecil dan yang biasanya terjadi dimulai dalam kehidupan keluarga. Kekacauan sosial dapat mengakibatkan adanya konflik-konflik sosial, tetapi suatu konflik sosial tidak dapat berlangsung terus menerus. Karena manusia tidak dapat hidup dalam suatu keadaan kekacauan terus menerus, maka pada suatu saat suatu kedamaian terwujud dan suatu ketertiban sosial baru menjadi landasan dalam kehidupan sosial masyarakat yang bersangkutan. Usaha-usaha mengatasi kekacauan biasanya juga berasal dari dalam lingkungan masyarakat itu sendiri, yaitu sejumlah warga masyarakat yang menyadari kerugian-kerugian dari adanya kekacauan; tetapi bisa juga oleh adanya kekuatan yang berasal dari luar masyarakat tersebut.
Sumber : Parsudi Suparlan
Disampaitkan di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Sub-Proyek Pembinaan MKDU- Konsorsium Antar Bidang, Penataran Pengajar ISD, Wisma PEMDA ; Bukit Tinggi, 13-19 April 1981
http://prasetijo.wordpress.com/2009/02/12/perubahan-sosial/

34 komentar:

  1. KELAS XII IPS 3

    Perubahan Sosial Dan Budaya

    A. Perubahan Sosial Pada Kendaraan
    Sepeda

    Sepeda Zaman Dulu Sepeda Zaman Sekarang
    Pada zaman dulu sebelum ditemukan alat transportasi yang berteknologi, orang-orang menggunakan sepeda ontel untuk berpergian. Kelemahan dari sepeda yaitu apabila untuk menempuh jarak jauh pasti membuuhkan waktu yang sangat lama. Apabila kita cermati model sepeda ontel zaman dulu sangatlah unik, contohnya pada stang dan lampu penerangan sepeda seperti gambar diatas. Berbeda dengan model sepeda zaman sekarang yang didesain lebih sederhana, namun memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Sepeda pada zaman sekarang lebih banyak digunakan untuk bersepeda-sepeda ria atau keperluan olahraga, karena sepeda telah tergantikan oleh alat transportasi yang menempuh jarak jauh dengan waktu yang singkat.









    5

    Motor

    Motor Zaman Dulu Motor Zaman Sekarang
    Motor merupakan alat transportasi yang mirip dengan sepeda. SDengan mengendarai motor kita dapat menempuh jarak jauh dengan waktu yang lebih singkat dari pada kita mengendarai sepeda ontel. Motor zaman dulu asapnya cenderung tebal,suaranya begitu bising,ukurannya lebih kecil dari motor sekarang. Seiring dengan berkembangnya teknologi, terciptalah motor dengan didesain lebih irit,dan terkesan elegan tetapi harganya cukup mahal.

    Mobil
    Mobil Zaman Dulu Mobil Zaman Sekarang
    Mobil zaman dulu sangat popular di zamannya, namun sekarang mobil tersebut tidak sepopuler pada zamannya karena sudah tergantikan dengan mobil-mobil mewah dengan teknologi yang lebih canggih. Misalnya dilengkapi dengan fasilitas AC, radio, televisi, jok yang terbuat dari kulit. Fasilitas tersebut membuat harga mobil zaman sekarang menjadi sangat mahal.
    6

    Kereta

    Kereta Masa Dulu Kereta Masa Kini
    Zaman dulu kereta uap yang digerakkan oleh uap panas yang dihasilkan dari batu bara sangat populer di zaman itu. Setiap orang yang akan berpergian jauh lebih memilih untuk menggunakan kereta uap karena menghemat waktu. Namun, di masa sekarang kereta uap dianggap kuno bahkan sudah tidak digunakan lagi. Kereta-kereta uap disimpan dalam museum kereta api. Kereta masa kini diciptakan dengan teknologi sangat canggih yang bisa menempuh perjalanan jauh dengan waktu yang lebih singkat dari pada kereta masa dulu.

    BalasHapus
  2. XII IPS 2
    TUGAS KLIPING SOSIOLOGI
    “BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL”

    NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
    1) BAGAS PAMUNGKAS (03)
    2) CHOMZA AGUNG HARGANA (04)
    3) HADID SUKMA SAMARA (07)
    4) HANIFAN (09)
    5) PUJI BONDAN PUSPITORINI (21)
    6) PUTRI RAGIL WAHYU DESTARI (22)

    PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA

    1.SEPATU
    Sepatu sampai saat ini selalu mengalami prubahan terus-menerus. Dulu sepatu digunakan oleh para pekerja tambang. Dengan bertambahnya waktu, maka sekarang sepatu hampir digunakan di segala bidang. Contohnya saja sepatu sepak bola. Sepatu sepakbola mengalami sejumlah perubahan seignifikan, terutama berkat kemunculan Dassler Bersaudara. Masa ini sekaligus menandai dimulainya persaingan antara dua perusahaan ternama, Adidas dan Puma, hingga kini.
    Sumber: chexosnews.com & kaskus.co.id

    2.PAKAIAN
    Pada zaman dahulu manusia mengetahui pakaian hanya untuk menutupi tubuh dari serangan hewan/serangga. Dengan berkembangnya zaman, pakaian mulai digunakan untuk hal-hal yang berbau sakral. Contohnya dipapua, pakaian digunakan untuk upacara adat. Karena pada saat itu masyarakat di Papua masih mempercayai roh halus/masih menyembah hewan. Dan dengan zaman & kepercayaan agama yang terus berkembang, manusia mulai menggunakan pakaian untuk menutupi tubuh supaya tidak terlihat. Sampai sekarang banyak sekali pakaian dengan berbagai macam model.
    Sumber : http://fbarea.blogspot.com/2011/08/contoh-contoh-perubahan-sosial-di.html.

    3.SIKAT GIGI
    Manusia sangat membutuhkan kebersihan. Manusia dulu dalam membersihkan gigi menggunakan sirih/siwak. Dengan benda tersebut manusia dapat membersihkan gigi dengan bersih. Tetapi dengan berjalannya waktu, manusia mulai menciptakan alat yang lebih simple dan mudah untuk membersihkan gigi. Manusia akhirnya menciptakan sikat gigi untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.
    Sumber : http://episentrum.com/search/contoh-perubahan-sosial-dalam-kehidupan-sehari-hari.html

    4.ALAT BANTU LIHAT
    Setiap manusia pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan. Apabila mempunyai kekurangan dalam fisik maka dapat dibantu dengan alat bantu. Contohnya yaitu seseorang yang mempunyai gangguang penglihatan dapat dibantu dengan menggunakan kacamata untuk dapat melihat dengan jelas. Dengan adanya kemajuan tekhnologi maka telah diciptakan kontak lensa yang sering disebut dengan softlens.
    Sumber : http://ruhtaf12.blogspot.com/2011/12/perilaku-sosial-dan-perubahan-sosial.html

    5.BATU – LOGAM
    Dalam melakukan aktivitasnya, manusia memerlukan beberapa barang untuk mempermudah aktivitas/pekerjaan mereka. Contohnya, manusia pada zaman dahulu menggunakan batu untuk alat berburu seperti tombak atau membuat kampak dari batu. Mereka menggunakan batu karena mereka pada saat itu belum menemukan biji besi. Setelah mereka menemukan biji besi, maka mereka mulai meleburnya dan menggunakannya untuk membuat kampak atau yang lainnya. Karena menggunakan besi lebih awet dan keras. Bahkan besi (logam) masih digunakan sampai sekarang.
    Sumber : http://angginnu.blogspot.com/2013/01/perubahan-sosial-budaya-pada-masyarakat.html

    BalasHapus
  3. PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG TEKHNOLOGI

    1. MESIN KETIK – LAPTOP
    Manusia dulu dalam menulis sesuatu masih menggunakan tangan. Dalam menulis dengan tangan tersebut pasti lelah dan kurang rapi. Tetapi dengan berkembangnya zaman, maka manusia mulai menciptakan mesin ketik untuk mempermudah dalam menulis sesuatu. Dengan menggunakan mesin ketik maka untuk menilis surat/dokumen lebih mudah dan rapi. Tetapi manusia selalu mengalami perkembangan, sehingga diciptakanlah sebuah komputer/laptop untuk mempermudah manusia dalam kegiatan sehari-hari.
    Sumber : http://jeryrafinson.blogspot.com/2012/11/tipe-atau-jenis-jenis-perubahan-sosial.html.

    2.SURAT KERTAS – SURAT ELEKTRONIK
    Dulu manusia apabila ingin memberi kabar atau yang biasa disebut dengan surat, masih menulisnya dengan kertas dan mengirimnya lewat kantor pos. surat tersebut akan sampai ditujuannya memerlukan waktu yang cukup lama 1-2 minggu. Tetapi dengan majunya teknologi dalam mengirim surat, maka manusia menciptakan alat yang sering kita sebut dengan e-mail. Dengan menggunakan e-mail, kita dapat mengirim surat hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. E-mail dikembangkan oleh Yahoo, dan Google juga ikut mengembangkan e-mail.
    Sumber : http://susere-asyer.blogspot.com/2012/04/contoh-bentuk-bentuk-perubahan-sosial.html

    3.TIMBA AIR – POMPA AIR
    Rata-rata masyarakat tradisional pada masa dahulu masih banyak yang menggunakan alat timba air untuk mengambil air dari dalam sumur. Untuk mengambilnya harus menggunakan tenaga yang ekstra karena kedalaman sumur rata-rata dalam & ditambah beban air yang di angkat. Supaya masyarakat tidak susah payah lagi dalam mengambil air, maka diciptakanlah alat pompa air. Alat ini sangat memudahkan manusia mengambil air dalam sumur. Sekarang juga sudah ada sumur bor, yang tidak memerlukan lubang yang terlalu besar untuk mengambil air.
    Sumber : http://www.subhanagung.net/2010/08/revolusi-tekhnologi-informasi-dan.html

    4.LAMPU
    Pada malam hari, pasti manusia memerlukan penerangan untuk dapat melihat. Dulu manusia menggunakan api/obor untuk penerangan mereka di malam hari. Obor pasti menggunakan minyak tanah, dan dampak menggunakan obor adalah asap dari api obor tersebut. Dan apabila manusia lalai, maka dapat juga mengakibatkan kebakaran. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka diciptakan lampu yang menggunakan daya dari listrik. Karena bahan bakar dari listrik yang murah dan lebih efisien.
    Sumber : http://luminarygirl.blogspot.com/2012/08/contoh-contoh-bentuk-perubahan-sosial.html

    BalasHapus
  4. 5.SETRIKA
    Manusia pasti menginginkan suatu hal yang bersifat rapi. Contohnya manusia dalam berpenampilan pasti ingin terlihat rapi & enak dilihat. Dalam berpakaian mereka menggunakan alat setrika untuk menghaluskan/merapikanpakaian mereka. Dulu setrika hanya menggunakan besi yang di panaskan dengan arang.Tetapi sekarang sudah ada setrika yang menggunakan listrik, sehingga lebih praktis & efisien.
    Sumber : http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/07/perubahan-sosial-di-bidang-teknologi.html

    6.PESAWAT
    Alat transportasi terdiri dari beberapa macam kendaraan. Contohnya adalah pesawat, pesawat adalah alat transportasi yang untuk menjalankannya dengan cara terbang. Pesawat pertama kali diterbangkan oleh Wright Bersaudara (Orville WrightdanWilbur Wright)dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara. Karena pekembangan tersebut, kini pesawat lebih banyak variasi mulai untuk penumpang, sampai untuk perang/tempur. Karena pesawat lebih cepat dan efisien dari pada alat transportasi yang lain, maka masyarakat lebih memilih pesawat sebagai alat transportasi.
    Sumber : http://luminarygirl.blogspot.com/2012/08/contoh-contoh-bentuk-perubahan-sosial.html

    7.KOMPOR
    Untuk membuat makanan, maka masyarakat harus menggunakan untuk bias memasak. Dulu kompor dibuat dengan tanah dan masih memakai api yang berasal dari kayu, yang biasa disebut dengan kompor tungku. Dengan menggunakan kompor tungku tersebut asap pembakaran masih sangat mengepul, dan sangat mengganggu pernafasan. Untuk mengurangi dampak asap tersebut, maka mulai dikembangkan menggunakan kompor yang berbahan bakar minyak tanah. Kompor ini lumayan untuk mengurangi dampak dari asap pembakaran. Karena minyak tanah mulai langka dan harganya menjadi mahal, maka mulai dikembangkan lagi menjadi kompor gas. Dengan kompor gas dampak asap sangat kecil sekali, tetapi resiko lain yang lebih besar yaitu resiko meledaknya tabung gas sebagai bahan bakar kompor. Tetapi karena kemajuan tekhnologi, maka diciptakanlah kompor listris. Kompor ini menggunakan daya listrik yang lebih efisien, karena tidak ada asap dan resiko meledak yang kecil. Kompor inilah yang akan menjadi kompor dimasa depan.
    Sumber : suryagemilang.net

    BalasHapus
  5. PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG AKSES TRANSPORTASI

    1.KUDA – MOTOR
    Manusia apabila ingin pergi kesuatu tempat pasti ingin selalu cepat sampai tujuan. Dulu manusia apabila akan bepergian menggunakan kendaraan hewan, yaitu menggunakan kuda. Dengan menggunakan kuda, manusia dapat mempersingkat waktu. Tetapi kuda adalah makhluk hidup dan pasti bias merasakan lelah. Namun, setelah ditemukannya mesin motor, maka manusia mulai mengembangkan mesin motor tersebut untuk digunakan sebagai alat penggeran khususnya untuk kendaraan. Zaman sekarang sudah banyak sekali sepeda motor, dan bahkan sudah ada motor yang untuk begaya, yaitu motor sport. Motor lebih efisien dibandingkan dengan naik kuda.
    Sumber : http://perpustakaancyber.blogspot.com/2013/05/pengertian-perubahan-sosial-contoh-dampak.html

    2.RAKIT – KAPAL PESIAR
    untuk kesuatu tempat pasti harus melewati jalan, tetapi tidak kesemua tempat ada jalan daratan. Setiap pulau dipisahkan oleh laut/perairan. Untuk kesuatu tempat yang dipisahkan oleh laut tersebut, manusia harus menyebranginya. Oleh karena itu manusia membuat rakit untuk menyebrangi perairan tersebut. Dalam menggunakan rakit tersebut manusia harus berusaha keras untuk menjalankan rakit supaya bisa bejalan. Karena kemajuan teknologi, maka manusia mulai menciptakan mesin penggerak. Mesin tersebut dikembangkan dan dijadikan sebagai mesin penggerak kapal. Setelah adanya kapal, maka manusia semakin mudah, cepat dan efisien dalam menyebrangi lautan/perairan.
    Sumber: http://nurulfadillah54.blogspot.com/2012/12/contoh-mengenai-perubahan-sosial-budaya_3113.html

    3.JEMBATAN
    Setiap jalan pasti selalu ada jalur yang terpisahkan. Jalan tersebut biasanya dipisarkan oleh sungai, tebing jurang atau yang lain. Untuk melewati/menyebrang jalur yang terputus tersebut, dibutuh kan sebuah jembatan sebagai penghubung jalan. Jembatan dulu masih terbuat sangat sederhana, yaitu tada yang ternuat dari bambu/kayu. Karena konstruksi jembatan yang seperti itu kurang kuat/mudah rusak, maka manusia mulai membuat jembatan yang terbuat dari baja. Konstruksi jembatan yang dari baja kuat untuk menahan beban beberapa ton.
    Sumber : http://www.anneahira.com/contoh-perubahan-sosial-budaya.html

    BalasHapus
  6. PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG SISTEM PEMERINTAHAN

    1.PENJAJAHAN
    Indonesia dijajah oleh negara Jepang hanya seumur jagung. Namun walaupun hanya seumur jagung, penderitaannya sangat luar biasa. Tetapi setelah jepang terdesak oleh sekutu, Indonesia mulai memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meraih kemerdekaan. Tepat tanggal 17 Agustus 1945, hari yang paling ditunggu-tunggu oleh bangsa Indonesia. Akhirnya proklamasi dapat di sampaikan oleh Ir.Soekarno.
    Sumber : http://erwinpadeka.blogspot.com/2011/04/perubahan-pemerintahan-serta-contoh.html

    2.KERAJAAN – DEMOKRASI
    Zaman dahulu manusia khususnya di Indonesia, kekuasaan di pegang/dikuasai oleh 1 orang yang biasa di sebut sistem kerajaan. Manusia harus patuh & tunduk terhadap perintahnya. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, manusia mulai berfikir untuk tidak mau di tindas lagi. Akhirnya muncul lah HAM (Hak Asasi Manusia). Mulai HAM muncul, pemerintahan khususnya di Indonesia tidak dipegang oleh 1 orang, namun pemerintahan dipegang oleh rakyat, atau sering disebut dengan sitem demokrasi.
    Sumber : http://id.scribd.com/doc/46323628/Contoh-Perubahan-Sosial-Budaya-Di-Indonesia

    BalasHapus
  7. PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG SOSIAL BUDAYA

    1.PERMAINAN ANAK
    Anak selalu ingin mencoba sesuatu hal yang baru. Contohnya adalah masalah permainan. Rata-rata anak didesa sebelum mengetahui adanya video game, anak-anak didesa bermain dengan permainan yang sederhana. Mereka biasanya bermain kelereng, gasing, dll. Permainan tersebut tidak langsung instan ada, mereka harus kreatif membuat mainan mereka masing-masing, itulah yang membuat mereka kreatif, & mandiri. Tetapi setelah mereka mengenal video game, sifat itu mulai menghilang. Anak-anak mulai kecanduan bermain video game sampai tidak mengenal waktu, hal itu jga lebih membuat ana-anak tersebut bersifat konsumtif.
    Sumber : http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/11/contoh-perubahan-sosial-budaya.html

    2.MODEL RUMAH
    Manusia pada zaman dahulu, tinggal di gua-gua. Karena manusia pada zaman dahulu masih bersifat nomaden. Semakin berkembangnya zaman, manusia mulai membuat rumah. Tetepi rumah tersebut masih berbentuk sederhana, contohnya adalah rumah adat dri Papua. Rumah tersebut sangat sederhana, tetepi pada zaman sekarang sudah banyak sekali yang mendesain rumah dengan model yang modern.
    Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/konsep-perubahan-sosial-budaya-dalam-masyarakat.html

    3.ALAT MUSIK
    Setiap manusia pasti memerlukan refresing/hiburan. Hiburan dapat menenangkan pikiran seseorang dari masalah. Contohnya adalah musik, musik dapat menenangkan pikiran dengan irama dari musik tersebut. Suara dari musik tersebut bersumber dari alat musik. Alat musik dahulu belum bervariasi/tradisional antaralain gamelan dari jawa. Sengan berkembangnya zaman, maka alat musik sudah banyak sekali jenisnya. Dan sekarang juga sudah ada alat musik listrik yang menggunakan daya listrik.
    Sumber: http://adisanjaya5.blogspot.com/2012/06/perubahan-sosial-dan-kebudayaan.html

    BalasHapus
  8. PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG PEREKONOMIAN

    1.PASAR
    Setiap manusia pasti memerlukan berbagai macam kebutuhan dan dalam mencari kebutuhan tersebut, manusia mencarinya ditempat kebutuhan tersebut dijula atau yang sering disebut dengan pasar. Dengan berjalannya waktu,tempat belanja di berbagai daerah khususnya pasar sudah mengalami perubahan dari tradisional menuju modern. Karena tempat pasar swalayan yang lebih besar, rapi, dan tidak kotor sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk berbelanja di pasar swalayan dari pada di pasar tradisional ,di pasar swalayan harga sudah ditentukan dan tidak bisa ditawar lagi.
    Sumber : http://nurulfadillah54.blogspot.com/2012/12/contoh-mengenai-perubahan-sosial-budaya_3113.html

    2.BARTER – UANG
    Manusia dalam melakukan kegiatan sehari-harinya pasti memerlukan suatu barang, contohnya adalah makanan. Dulu manusia untuk mendapatkan makanan/barang lain harus mencari seseorang yang sedang butuh sesuatu barang yang dimilikinya juga atau yang sering kita sebut dengan system barter. Tetapi zaman sekarang manusia sudah menciptakan uang sebagai system/alat pembayaran yang sah supaya tidak membuat manusia repot.
    Sumber : http://komputer-dhab.blogspot.com/2012/06/contoh-perubahan-sosial-dan-bisnis.html

    3.UANG – KARTU KREDIT
    Manusia selalu ingin sesuatu itu sederhana, mudah, dan instan. Dengan berkembangan zaman, dalam dunia bank sudah diciptakan sebuah kartu, yaitu kartu kredit. Kartu ini membuat manusia lebih mudah dalam melakukan transaksi, apabila ingin membeli sesuatu cukup menggunakan kartu kredit, dan tidak menggunakan uang tunai. Tetapi dalam berbelanja menggunakan saldo yang dimiliki dibank.
    Sumber : http://komputer-dhab.blogspot.com/2012/06/contoh-perubahan-sosial-dan-bisnis.html

    4.AGRARIS-INDUSTRI
    Dalam kegiatan bercocok tanam tentu banyak menggunakan alat – alat untuk mengolah tanah ataupun hasil pertanian. Alat – alat untuk bercocok tanam tersebut sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu dan dari masa ke masa tentunya banyak mengalami berbagai macam perkembangan. Dengan traktor para petani menggarap sawah meraka. Tetapi setelah banyak sekali industri yang bekembang, maka sistem agraris mulai ditinggalkan dan mulai beralih ke sistem industri.
    Sumber : http://feralzam.blogspot.com/2012/12/perubahan-sosial-budaya-di-bidang.html

    BalasHapus
  9. PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG PERTAHANAN

    1.PERSENJATAAN
    Pada masa penjajahan, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan perlawanan terhadap penjajah. Masyarakat Indonesia dalam melawan para penjajah masih menggunakan senjata yang sangat sederhana, contohnya bamboo runcing yang banyak dipakai oleh masyarakat Aceh. Tetapi setelah berkembangnya zaman, persenjataan masa kini lebih berkembang pesat dan semakin canggih.
    Sumber : http://id.scribd.com/doc/46323628/Contoh-Perubahan-Sosial-Budaya-Di-Indonesia.html


    PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG KEPENDUDUKAN

    1.JUMLAH PENDUDUK
    Kepadatan penduduk si suatu wilayah memberikan pengaruh yang sangat besar. kepadatan penduduk di Pulau Jawa telah melahirkan berbagai perubahan, seperti semakin sempitnya lahan, terjadinya banyak pengangguran tersamar di desa-desa, dan lainnya. Salah satunya berdampak pada mata pencaharian. Banyak anak dan perempuan menjadi kuli panggul. Perubahan ini merupakan perubahan sosial besar dalam bidang kependudukan.
    Sumber : http://luminarygirl.blogspot.com/2012/08/contoh-contoh-bentuk-perubahan-sosial.html

    BalasHapus
  10. Bentuk- bentuk perubahan sosial

    Anggota: Grenita, Kurnia, Riyana, Umarsyah, Unggul, Widi
    Kelas : XII IPS 2

    SMA N 2 Kebumen

    1. Perubahan Busana
    Baju kebaya adalah baju adat orang Indonesia khususnya orang-orang Jawa, kebaya sering dipakai bahkan pakaian harian, tapi seiring berjalannya pendidikan dan keterampilan yang semakin maju orang memiliki kemampuan untuk menciptakan pakaian yang modis sehingga sekarang kebaya hanya dipakai dalam acara-acara tertentu saja. Sedangkan dalam kesehariannya orang-orang sudah memakai pakaian masa kini.

    BalasHapus
  11. 2. Perubahan Alat Transportasi
    a) Zaman dahulu, orang orang menggunakan delman untuk memudahkan transportasi mereka. Tapi, seiring perkembangan zaman, orang-orang menciptakan transportasi yang lebih efisien, misalnya mobil. Kini, banyak orang yang sudah memiliki mobil untuk memudahkan transportasi mereka sebagai pengganti delman.
    b) Sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan karena sepeda tidak mengeluarkan gas buangan. Tetapi kenapa sepeda semakin dipinggirkan di Indonesia? Padahal diluar negeri sepeda alat transportasi yang sangat digemari. Tetapi kenapa Indonesia tidak? Karena masyarakat kita lebih memilih transportasi yang lebih cepat dan tidak menguras energy kita. Masyarakat di Indonesia lebih memilih motor sebagai pengganti sepeda. Padahal gas buangan dari motor sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.
    c) Zaman dahulu masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan rakit, namun dengan menggunakannya akan banyak menguras tenaga. Oleh sebab itu, sekarang masyarakat menciptakan alat transportasi air yang lebih praktis dan tidak menguras tenaga seperti kapal.

    BalasHapus
  12. 3. Perubahan Alat Tulis
    a) Sebelum ada kertas, masyarakat masih menggunakan daun lontar untuk menulis. Namun hal ini dianggap kurang efektif karena masih berupa selembaran dan belum menyatu. Maka dari itu sekarang telah diciptakan buku sebagai media tulis yang lebih efektif dan tidak merepotkan.
    b) Pada waktu kita masih duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah tidak asing dengan kapur. Namun sebenarnya kapur itu ada dampak negatifnya, yaitu debu kapurnya dapat mengganggu saluran pernapasan kita. Oleh karena itu diciptakanlah spidol yang lebih praktis dan dapat diisi ulang.
    c) Zaman dahulu masyarakat Indonesia masih menggunakan tinta bulu ayam sebagai alat tulis. Setelah perkembangan zaman, akhirnya sekarang telah ditemukan alat tulis yang lebih praktis dan mudah digunakan seperti pensil, bolpoin yang lebih diminati oleh masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  13. 4. Perubahan Alat Rumah Tangga
    a) Gerabah dikenal sudah sejak zaman dulu. Pemanfaatnya untuk alas makan, pembuatannya dari tanah liat. Modern ini sudah sangat jarang sekali masyarakat memakai alas makan menggunakan gerabah, tetapi beralih menggunakan piring dari kaca.
    b) Zaman sekarang, orang menyikat gigi dengan sikat gigi. Dulu, orang menyikat gigi dengan ranting kayu (siwak).

    5. Perubahan Model Rambut
    Model rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘punk’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.

    BalasHapus
  14. 6. Perubahan Penunjuk Arah Mata Angin
    Sebelum ada kompas, masyarakat masih menggunakan sextant sebagai alat penunjuk arah mata angin berdasarkan letak bintang. Kekurangan dari sextant hanya dapat digunakan pada malam hari. Oleh karena itu, manusia menciptakan kompas yang lebih praktis dan dapat digunakan kapanpun.

    7. Perubahan Mainan Anak
    Dahulu mainan kesukaan anak-anak adalah gasing, tapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, mainan tersebut mulai tergantikan oleh PS3.

    8. Perubahan Alat Komunikasi
    a) Perubahan pada cara berkomunikasi bisa terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.
    b) Zaman dahulu, untuk memberi peringatan terhadap suatu hal, orang-orang menggunakan lonceng. Tetapi, seiring perkembangan zaman, kini, orang – orang menggunakan bel elektronik yang praktis.
    c) Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa dipakai untuk shampo. Tetapi karena caranya yang lama, kebanyakan orang malas untuk memakai lidah buaya. Dan memilih shampoo yang telah diolah sebagai pilihnnya.

    BalasHapus
  15. 9. Perubahan Alat Pertanian
    Sebelum kita terlahir di dunia ini dan sampai dewasa sekarang ini kita mengetahui bentangan sawah yang begitu luas. Sawah yang hijau tidak terlepas dari petani yang setia membajak sawah dari pagi hingga menjelang petang. Zaman dahulu berbeda dengan sekarang ini. Para petani tidak mengeluh sedikitpun walau membajak sawah dengan kerbau yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit tetapi sangat lama dan menguras energy. Tetapi dengan semakin majunya zaman dan teknologi yang semakin berkembang kita semakin mudah dalam melakukan aktivitas. Contohnya saja sekarang tidak perlu waktu lama untuk membajak sawah, karena sudah ada traktor yang siap untuk menemani para petani.

    10. Perubahan Pengobatan
    Dahulu orang melakukan pengobatan melalui dukun, Seiring Perkembangan zaman sekarang orang sudah dengan pengobatan secara medis melalui dokter karena dianggap lebih aman karena dokter berpendidikan tinggi. Masyarakat saat ini takut ke dukun karena dianggap pengobatan mistis.

    11. Perubahan Pasar
    Maraknya pembangunan pasar modern (Mall). Dahulu orang berbelanja di pasar sekarang orang lebih banyak yang belanja di mall karena lebih bersih dan nyaman untuk memilih barang balanjaan.

    BalasHapus
  16. 12. Perubahan Model Sandal
    Sebelum ada high heels, masyarakat Indonesia masih menggunakan sandal yang terbuat dari kayu yang biasa disebut sandal gapyak. Namun seiring perkembangan jaman, sekarang masyarakat terutama kaum hawa lebih memilih high heels karena lebih modern dan dapat membuat kaum hawa terlihat lebih tinggi dari biasanya.

    13. Perubahan Alat Penunjuk Waktu
    Pada masa Romawi, masyarakat masih bergantung pada sinar matahari sebagai alat penunjuk waktu. Namun seiring Perkembangan zaman, sekarang masyarakat lebih memilih untuk menggunakan jam digital sebagai alat penunjuk waktu karena lebih praktis, murah, dan bisa digunakan 24 jam.

    14. Perubahan Senjata Berburu
    Untuk memburu burung zaman dahulu masih menggunakan ketapel yang terbuat dari ranting kayu. Seiring Perkembangan zaman muncul senapan sebagai pengganti ketapel. Senapan sangat cepat dan lebih tepat pada sasaran. Oleh karena itu manusia untuk mendapatkan burung tidak perlu susah lagi.

    15. Perubahan Bentuk Rumah
    Rumah adalah tempat untuk kita berteduh dari panas dan hujan. Rumah zaman dahulu termasuk rumah tradisional yang unik. Namun sekarang ini sangat sulit dijumpai di dan elegan mengikuti rumah gaya luar negeri. Padahal jika kita melestarikan rumah tradisional kita juga secara tidak langsung telah mengangkat nama Indonesia di mata dunia.

    BalasHapus
  17. 16. Perubahan Alat-alat Teknologi
    Budaya di Indonesia telah banyak tercampur dengan budaya asing. Itu mungkin disebakan karena kebudayaan itu lebih menyenangkan dibandingkan budayanya sendiri. Contoh perubahannya adalah penggunaan komputer dan alat-alat teknologi sebagai pengganti mesin ketik untuk mengetik. Hal itu disebabkan oleh kemudahan menggunakan alat-alat teknologi tersebut.

    BalasHapus
  18. Kesimpulan : Perubahan Sosial telah banyak terjadi di berbagai aspek seperti aspek budaya, kesenian, dan pendidikan. Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang digunakan masyarakat semakin maju dan lebih efisien.

    Daftar Pustaka :
    http://www.google.com
    http://id.wikipedia.org
    http://www.memori-kedah.com
    http://www.supplierbaju.com
    http://2.bp.blogspot.com
    http://hintatiwi.files.wordpress.com
    http://www.jakarta.go.id/web
    http://3.bp.blogspot.com
    http://4.bp.blogspot.com
    http://pbaftiainsu.ac.id
    http://deapratini.files.wordpress.com
    http://www.kimo-giftshop.com
    http://hedisasrawan.blogspot.com
    http://1.bp.blogspot.com
    http://maskurmambangr.files.wordpress.com
    http://www.cromaretail.com
    http://assets.kompas.com
    http://media.dinomarket.com
    http://workathomegreen.files.wordpress.com
    http://sentanaonline.com
    http://nurulfadillah54.blogspot.com
    http://images.solopos.com
    http://phototrimaryono.files.wordpress.com
    http://jonathansimanjuntak.files.wordpress.com
    http://images02.olx.co.id
    http://cdn4.mos.techradar.futurecdn.net

    BalasHapus
  19. NB :
    Maaf pak bila post nya terpotong- potong, soalnya per komentar maks 500 karakter ga bisa lebih.

    Maaf pak ga disertai gambar, karena memang ga bisa ^^

    Harap maklum dan terima kasih ^^

    BalasHapus
  20. I. Bidang Ekonomi

    Menabung menggunakan tabungan sendiri Menabung di bank
    Keterangan: Menyimpan uang adalah hal yang sangat penting untuk masa depan. Pada zaman dahulu menyimpan uang hanya di celengan yang terbuat dari tanah liat dan ada juga yang terbuat dari plastik. Seiring dengan berjalannya waktu menyimpan uang di celengan kurang terjamin keamanannya dan orang orang saat ini menyimpan uangnya di bank keamanannya lebih terjamin.

    Barter  Uang
    Keterangan: Pada zaman dahulu jika seseorang ingin memiliki suatu barang mereka harus mempunyai barang pula yang bisa ditukarkan dengan barang yang di inginkan, hal itu biasa disebut barter. Dalam berkembangnya zaman barter sudah mulai tidak di lakukan lagi dan saat ini jika seseorang ingin mempunyai suatu barang mereka tinggal membelinya dengan uang.

    BalasHapus
  21. Disusun oleh:
    Kelompok 5 XII IPS 2:
    1. Larasati (15)
    2. Maimunia Rizqi Aulia (16)
    3. Rohman Sururi (25)
    4. Romzan Dwi Cahya (26)
    5. Umi Salamah (30)
    SMA NEGERI 2 KEBUMEN
    TAHUN AJARAN 2013/2014

    B. Bentuk-bentuk Perubahan Sosial
    1. Perububahan Lambat (Evolusi)
    Perubahan yang berlangsung lambat (evolusi) merupakan perubahan yang memerlukan waktu yang lama, karena terjadi dengan sendirinya tanpa direncanakan dimana terdapat suatu rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Perubahan ini merupakan sebagian kecil usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan dan kondisi yang sejalan dengan pertumbuhan masyarakat. Pada perubahan ini masyarakat pada umumnya tidak merasa bahwa dalam masyarakat telah terjadi perubahan. Hal ini terjadi karena masyarakat menganggap bahwa tidak terjadi perubahan dalam masyarakat. Oleh sebab itu perubahan ini tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.
    Ciri-cirinya yaitu memerlukan waktu lama, perubahannya kecil, perubahan tidak disadari oleh masyarakat, tidak diikuti oleh konflik atau tidak menimbulkan kekerasan. Contoh: perubahan mata pencaharian masyarakat, perubahan masyarakat berburu menjadi masyarakat meramu, perkembangan industri, evolusi manusia.Contoh perubahan sosial lambat:

    1. Evolusi Manusia
    The Origin of Species” (Asal-usul Spesies”) buku ini memperkenalkan teori ilmiah bahwa makhluk hidup berevolusi (berubah secara berangsur-angsur) dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam. Dalam teori evolusi dijelaskan juga bahwa manusia memiliki nenek moyang yang sama dengan monyet. Isi buku ini menimbulkan kontroversial karena menentang teori penciptaan menurut kepercayaan agama yang menyatakan bahwa makhluk hidup termasuk manusia diciptakan secara tiba-tiba dalam bentuk yang sempurna dan tidak berubah wujudnya sejak awal penciptaan.

    2. Sejarah PerkembanganPesawatTerbang
    Perjalanan pesawat terbang dari awal mula terciptanya hingga sampai ke bentuk yang sekarang ini cukup panjang yaitu hampir 100 tahun lebih. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ide membuat pesawat terbang sudah ada sejak tahun 200 SM. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya gambar-gambar pada balok atas penyangga langit-langit sebuah ruangan kuil kerajaan Mesir Kuno. Kini pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

    BalasHapus
  22. 3.SejarahKomputer
    Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang amat berguna pada zaman dahulu sampaisekarangyang dapat membantumenyelesaikan tugas-tugas manusiadenganlebihcepat, tepat, danrapi.Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Sebelum mengalami perubahan, komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang.Komputer dapat meringankan kerja seharian manusia, membantu menyelesaikan tugas-tugas manusia dengan cepat dan tepat. Komputer jugamerupakansebuah mesin yang diprogramkan untuk keberbagaian guna. Komputer dapat menerima data mentah, rajah dan akan memprosesnya kemudian memanipulasikan untuk dijadikan maklumat yang berguna. Ia juga diprogram untuk menerima input, lalu memproses untuk mengeluarkan output seperti yang dikehendaki dan ia juga berupaya menyimpan maklumat tersebut untuk kegunaan pada masa akan datang. Komputer telah menjadi sebahagian daripada kehidupan manusia kerana ia mempunyai kelajuan(speed), kebolehpercayaan (reliability), keupayaan storan (storagecapability), produktiviti (productivity), membuat keputusan dan dapat mengurangkan kos.

    2.Perubahan Cepat (Revolusi)
    Perubahan revolusi adalah perubahan yang pengaruhnya merubah pada sendi-sendi kehidupan masyarakat. Perubahan ini akan menimbulkan gejolak di masyarakat. Terjadinya perubahan yang revolusi dapat direncanakan maupun tidak direncanakan. Tidak semua revolusi dapat berjalan seperti yang diinginkan. Kegagalan tersebut berkaitan dengan banyak faktor, baik yang bersifat manusia sebagai pelaku, faktor-faktor lain seperti waktu maupun persepsi masyarakat terhadap perubahan yang terjadi. Oleh sebab itu suatu revolusi akan berhasil apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    a. Adanya keinginan masyarakat untuk melakukan perubahan yang didasari oleh perasaan tidak puas terhadap kondisi yang ada dalam masyarakat.
    b. Adanya pemimpin yang mampu menjadi penggerak jalanya perubahan.
    c. Adanya tujuan yang jelas.
    d. Terdapat momentum yang tepat untuk mengadakan revolusi.
    Contoh: revolusi Indonesia tahun 1945, reformasi Indonesia tahun 1998, revolusi industri Perancis dan Inggris serta gerakan Revolusi Islam Iran pada tahun 1978-1979 yang berhasil menjatuhkan pemerintahan Syah Mohammad Reza Pahlevi yang otoriter dan mengubah sistem pemerintahan monarki menjadi sistem Republik Islam dengan Ayatullah Khomeini sebagai pemimpinnya.Contoh perubahan cepat:
    1.Reformasi Indonesia
    Revolusi kemerdekaan Indonesia dimana keinginan bangsa Indonesia untuk merdeka dengan segala perubahan yang ada.

    2. RevolusiPerancis
    Revolusi Perancis(1789–1799)adalah suatu periode sosial radikal dan pergolakan politik di Perancis yang memiliki dampak abadi terhadap sejarah Perancis, dan lebih luas lagi, terhadap Eropa secara keseluruhan. Monarki absolut yang telah memerintah Perancis selama berabad-abad runtuh dalam waktu tiga tahun. Rakyat Perancis mengalami transformasi sosial politik yang epik: feodalisme, aristokrasi, dan monarki mutlak diruntuhkan oleh kelompok politik radikal sayap kiri, oleh massa di jalan-jalan, dan oleh masyarakat petani di perdesaan.Ide-ide lama yang berhubungan dengan tradisi dan hierarki monarki, aristokrat, dan Gereja Katolik digulingkan secara tiba-tiba dan digantikan oleh prinsip-prinsip baru; Liberté, égalité, fraternité (kebebasan, persamaan, dan persaudaraan). Ketakutan terhadap penggulingan menyebar pada monarki lainnya di seluruh Eropa, yang berupaya mengembalikan tradisi-tradisi monarki lama untuk mencegah pemberontakan rakyat. Pertentangan antara pendukung dan penentang Revolusi terus terjadi selama dua abad berikutnya.

    BalasHapus
  23. 3.Perubahan Kecil dan Perubahan Besar
    Suatu perubahan dikatakan kecil apabila perubahan itu tidak sampai membawa pengaruh yang langsung atau berarti bagi masyarakat. Suatu perubahan dalam mode pakaian, gaya rambut, mode sepatu dan model aksesoris misalnya, tidak akan membawa pengaruh yang berarti bagi masyarakat dalam keseluruhannya, oleh karena tidak mengakibatkan perubahan- perubahan dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan.Contoh perubahan sosial kecil:

    a.Perubahan Sepatu
    Pada zaman dahulu nenek moyang kita sudah memanfaatkan sepatu untuk dijadikan alas kaki. Hal ini terjadi, karena mereka sudah memikirkan tentang efek-efek besar jika tidak memakai alas kaki. Misalnya, saat berburu, menginjak bebatuan yang kasar dapat melukai kaki dan lain-lain, akhirnya mereka menciptakan alas kaki berupa sepatu untuk melindungi kakinya yang terbuat dari kulit binatang. Kemudian mereka sadar kulit binatang hanya melindungi kaki saat berburu atau menginjak sepatu tidak bisa menghangatkan kaki mereka lama-kelamaan rerumputan dan semak berguna untuk melindungi dari sinar matahari dan dinginnya suhu. Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan manusia juga terus meningkat, sedangkan manusia tidak mau berhenti untuk berubah maka di ciptakanlah sepatu yang beralaskan sol karet dengan badan yang terbuat dari kanvas sehingga lebih nyaman di gunakan seperti yang kita kenal sekarang.

    b.Perubahan Model Jilbab
    Wanita muslim di syariatkan untuk menutup auratnya, termasuk juga untuk menutup bagian kepala dengan jilbab. Dahulu kebanyakan wanita muslim menggunakan jilbab besar bahkan menggunakan cadar, warnanyapun selalu warna-warna gelap. Hal ini sangat membatasi gerak mereka dalam hal bekerja. Namun karena perkembangan zaman kini bentuk dari jilbab telah bervariasi tidak hanya bentuknya yang besar dan monoton saja dengan warna-warna gelap tetapi dengan jilbab yang sekarang seorang wanita muslim bisa berkreasi dalam mengenakan jilbab dengan warna yang cerah. Selain memacu kreativitas dalam menggunakan jilbab, wanita muslim sekarang bisa bekerja dengan nyaman mengenakan jilbab.

    BalasHapus
  24. c. Perubahan pakaian wanita
    Zaman dahulu wanita di Indonesia menggunakan pakaian kebaya yang di balut dengan kain jarit sebagai roknya. Dalam hal pakaian memang wanita jaman dahulu memang sangat terbatas mereka hanya boleh mengenakan kebaya dan jarit karena wanita jaman dulu juga belum sebebas wanita jaman sekarang yang bebas memilih pekerjaan, pekerjaan mereka hanya bekerja di dapur yaitu sebagai ibu rumah tangga saja, mengurusi pekerjaan rumah. Setelah adanya emansipasi wanita dan persamaan gender sekarang wanita juga bisa bekerja seperti lelaki sebagai polisi, dokter, guru, arsitek dll karena itu juga kebutuhan pakaian wanita saat ini lebih berkembang, wanita saat ini bebas mengenakan pakaian tidak ada batasan bagi wanita yang ingin menggunakan celana seperti lelaki juga, karena factor pekerjaan atau yang lainnya.

    Sedangkan suatu perubahan dikatakan besar apabila perubahan-perubahan tersebut mampu membawa pengaruh yang besar bagi masyarakat (khususnya lembaga-lembaga kemasyarakatannya). Suatu proses industrialisasi pada masyarakat yang agraris misalnya, merupakan perubahan yang akan membawa pengaruh yang besar pada masyarakat yang bersangkutan. Dalam proses tersebut (industrialisasi), diperkirakan berbagai lembaga-lembaga kemasyarakatan akan terpengaruh olehnya, seperti misalnya hubungan kerja, sistem milik tanah, hubungan-hubungan kekeluargaan, stratifikasi sosial, dan sebagainya. Dengan demikian terjadinya proses industrialisasi pada masyarakat yang masih agraris merupakan suatu perubahan sosial yang besar bagi masyarakat yang bersangkutan.Contoh perubahan sosial besar:
    a.Perubahan masyarakat agraris ke masyarakat industri
    Semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan secara pesat di negara-negara maju telah membawa pengaruh yang besar bagi negara-negara yang sedang berkembang, khususnya di Indonesia. Tujuan dari pengembangan dan pembangunan industri adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam artian tingkatan kehidupan yang baru dan lebih maju, dalam hal ini adalah peningkatan taraf hidup yang lebih baik dan bermutu. Industrialisasi sebagai pertumbuhan ekonomi yang terjadi melalui penerapan teknologi terhadap perkembangan industri dan modernisasi sebagai suatu proses umum yang menyangkut pertumbuhan ekonomi secara bersama-sama dengan perkembangan sosial budaya. Proses perubahan sosial dan pertumbuhan ekonomi yang saling terkait dan saling menunjang itu secara lebih lanjut dan berangsur-angsur akan membawa peningkatan ke arah kesejahteraan masyarakat yang bersangkutan. Tentu saja suatu perubahan akan membawa dampak bagi masyarakat yang mengalaminya.
    b.Perubahan Alat Pemintal Benang
    Dahulu masyarakat memintal beneng dengn menggunakan alat yang sangat sederhana yang terbuat dari kayu, dengan adanya perkembanagn teknologi mesin, kini masyarakat lebih mudah memintal benng dengan bantuan mesin pemintal benang, selain lebih cepat, mesin pemintal benang juga menghasilakn benang denagn kualitas yang lebih baik daripad alt pemintal benang tradisional.

    BalasHapus
  25. c.Kepadatan Penduduk
    Masalah-masalah kependudukan terutama di negara-negara berkembang saat ini seperti Indonesia dalam pembangunan ekonomi, pengangguran merupakan salah satu masalah yang rumit dan lebih serius dari pada masalah dalam distribusi pendapatan yang kurang menguntungkan bagi penduduk yang berpendapatan rendah. Keadaan di negara-negara berkembang dalam beberapa tahun ini menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi yang sekarang ini tidak sanggup menyediakan kesempatan kerja yang lebih cepat daripada pertambahan penduduk. Oleh Karena itu masalah pengangguran yang mereka hadapi dari tahun ke tahun semakin serius.

    4.Perubahan yang Dikehendaki dan Perubahan yang Tidak Dikehendaki
    Perubahan yang dikehendaki/direncanakan adalah perubahan yang disengaja, dikehendaki, direncanakan sebelumnya oleh pihak yang menghendaki perubahan (agent of change) dalam masyarakat, dan pembangunan adalah perubahan yang sudah diperkirakan sebelumnya oleh pihak-pihak tertentu yang ada dalam masyarakat. Contoh: pembangunan Tata Kota, Gerakan Imunisasi Nasional, Program KB, penindakan kriminalitas, imunisasi, proses penyuluhan narkoba, dan perubahan dasar negara.Contoh perubahan sosial yang dikehendaki:
    a.Perubahan Bidang Pembangunan
    Selain dengan menggunakan perahu, masyarakat zaman dahulu menyeberang sungai dengan jembatan yang masih sederhana yaitu jembatan yang terbuat dari kayu. Perubahan dalam bidang pembangunan kini berkembang dengan pesat sehingga mendukung adanya jembatan permanen yang dibuat dari beton. Hal ini sangat membantu masyarakat agar lebih mudah menyeberang sungai sehingga hubungan antar masyarakat berlangsung lebih baik.

    b.Program Keluarga Berencana
    Salah satu permasalahan yang terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia adalah tingginya laju pertumbuhan penduduk yang mempengaruhi taraf hidup sehingga muncullah sebuah program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menekan laju pertumbuhan penduduk melalui program KB (Keluarga Berencana). Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan hidup masyarakat sehingga program KB sangat membantu pemerintah untuk menahan laju pertumbuhan penduduk dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

    BalasHapus
  26. Pasar Modern  Mall
    Keterangan: Masyarakat dihadapkan dalam dua pilihan dalam membelanjakan uangnya untuk kebutuhan sehari-harinya. Yakni karena adanya keberadaan pasar modern terhadap pasar tradisional yang telah ada sebelumnya. Beberapa orang melestarikan dan memberdayakan pasar tradisional tersebut guna menolong masyarakat kecil. Namun dalam beberapa pendapat ada yang menilai keberadaan Mall juga membawa dampak yang baik. Dampak yang baik diantaranya adalah penyerapan tenaga kerja di sekitar. Berikutnya adalah bagi pemasok barang berskala UKM dapat memberikan pelajaran terhadap kualitas barang yang masuk, standar harga, ketepatan waktu pengiriman dan keberlangsungan dijaga. Ini sebagian nilai positifnya, sehingga persyaratan agar barang bisa masuk di pasar modern dapat dijadikan contoh bagi pengelolaan pasar tradisional. Dari berberapa pengalaman di pasar tradisional seperti standar harga tidak ada sehingga pandai pandai menawar barang dan barang yang di jual terkesan apa adanya tanpa menjaga kualitas. Namun hingga saat ini, pasar tradisional juga masih ramai oleh masyarakat setempat.
    I. Bidang Teknologi
    Surat  E-mail
    Keterangan: Dalam hal berkomunikasi melalui tulisan, pada waktu dahulu orang-orang menggunakan surat untuk menuliskan sebuah pesan di sebuah kertas lalu dimasukkan ke dalam amplop dan menyerahkan surat tersebut kepada kantor pos atau kurir. Perlu waktu beberapa hari bahkan minggu tergantung pada jarak orang yang menerima surat tersebut. Namun kini, semakin berkembangnya terknologi, orang-orang dalam menulis pesan melalui internet menggunakan e-mail (electronic mail). Hanya dalam waktu beberapa detik pesan tersebut bisa langsung diterima oleh penerima e-mail, walaupun jarak jauh sekalipun.

    BalasHapus
  27. Perubahan yang tidak dikehendaki/tidak direncanakan adalah perubahan yang tidak diperkirakan sebelumnya atau perubahan yang tidak dikehendaki yang berlangsung di luar jangkauan pengawasan masyarakat serta menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat. Biasanya perubahan tidak dikehendaki muncul sebagai dampak dari perubahan yang direncanakan. Contoh: meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan dikota-kota besar, terjadinya banjir akibat penebangan liar, munculnya pedagang kaki lima di perkotaan dan pengamen di terminal, pola pergaulan remaja.

    a.Meningkatnya Pengangguran Menimbulkan Dampak Negatif
    Beberapa contoh dampak negatif dari pengangguran adalah semakin maraknya tindakan kriminal dan semua tindakan yang meresahkan masyarakat banyak yang terjadi di Indonesia sudah menjadi penyakit sosial yang menyebar bagaikan virus yang sulit diberantas. Penyakit sosial ini sangat berbahaya dan menghasilkan korban-korban sosial. Menurunnya kualitas sumber daya manusia, membawa dampak buruk bagi ketenagakerjaan di negara Indonesia. Oleh karena itu, persoalan pengangguran ini harus secepatnya di pecahkan dan dicari jalan keluarnya.

    b.Penertiban Pedagang Kaki Lima
    Seringkali kita jumpai masalah-masalah yang terkait dengan pedagang kaki lima di perkotaan Indonesia. Mereka berjualan di trotoar jalan, di taman-taman kota, di jembatan penyebrangan, bahkan di badan jalan. Pemerintah kota berulangkali menertibkan mereka yang menjadi penyebab kemacetan lalu lintas ataupun merusak keindahan kota. Upaya penertiban ini kadangkala melalui bentrokan dan perlawanan fisik dari para pedagang kaki lima.

    c.Perubahan Akibat Bencana Alam
    Pada tanggal 27 Mei 2006 di Jogjakarta dan Jawa Tengah diguncang gempa yang mengakibatkan banyak penduduk kehilangan keluarga dan tempat tinggal. Banyak fasilitas umum, seperti jalan, sekolah, dan rumah sakit rusak. Dengan demikian aktivitas masyarakat menjadi lumpuh. Peristiwa yang tidak mereka kehendaki tersebut telah menyebabkan terjadinya perubahan dalam masyarakat. Perubahan itu terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat dan tidak bisa diantisipasi atau diprediksi sebelumnya.


    BalasHapus
  28. 5.Perubahan Struktur dan Perubahan Proses
    Perubahan struktural adalah perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat. Contoh: perubahan sistem pemerintahan dari kerajaan menjadi republik.

    a.Perubahan alat pertanian
    Perkembangan teknologi pertanian di Indonesia sebenarnya semakin pesat, berbagai alat pertanian seperti cangkul, garu, waluku (alat bajak), sabit, hingga ani-ani mungkin bisa dijadikan contoh teknologi pertanian yang pada zamannya sangat membantu kehidupan petani. Sejak manusia mengembangkan mesin-mesin pertanian, teknologi pertanian yang sederhana mulai ditinggalkan karena dianggap tidak produktif. Kini penggunaan handtractor, tressure, hingga penggilingan padi dapat kita temui di berbagai pedesaan di Indonesia. Penggunaan alat-alat modern tersebut bertujuan untuk mempermudah petani dalam memproduksi hasil pertaniannya.
    Perubahan proses adalah perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Perubahan tersebut hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya. Contoh: perubahan dalam kurikulum pendidikan yang menyempurnakan kurikulum sebelumnya.

    bPerubahan Kurikulum Pendidikan
    Perkembangan kurikulum di indonesia dari periode sebelum tahun 1945 sampai yang sekarang ini yaitu Kurikulum 2013. Selama proses pergantian kurikulum tidak ada tujuan lain yaitu hanya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan rancangan pembelajaran yang ada di sekolah. Perubahan kurikulum ini disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang berkembang dan disamping itu kondisi dan tuntutan zaman pun berubah. Untuk menyesuaikan dengan zaman, kurikulumpun mengalami perkembangan.

    BalasHapus
  29. Kerbau  Traktor
    Keterangan: Indonesia merupakan negara agraris. Ribuan sawah membentang di Indonesia. Dalam hal membajak sawah, sebelum berkembangnya teknologi, para petani menggunakan hewan ternaknya yaitu kerbau untuk membajak sawah. Mereka menyuruh kerbau tersebut untuk menginjak-injak sawah yang akan mereka tanami. Kini, telah ada alat canggih bernama traktor yang mempermudah para petani untuk membajak sawah mereka. Traktor juga mempercepat pembajakan sawah karena menggunakan mesin. Namun di desa-desa kecil, masih ada juga petani yang membajak sawah menggunakan kerbau karena dinilai lebih ekonomis.
    Tungku  Kompor Gas
    Keterangan: Untuk mengolah makanan sehari-hari, manusia membutuhkan kompor untuk memasak. Masa kini, telah tercipta sebuah benda yang dinamakan kompor gas untuk memasak. Hanya dengan memasang gas pada kompor tersebut, lalu sekali tekan bisa menyala api untuk digunakan. Berbeda dengan dahulu, orang-orang memasak menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu atau ranting dan minyak tanah. Memasak menggunakan tungku memerlukan waktu yang cukup lama. Namun pendapat sebagian orang terdahulu, memasak menggunakan tungku bisa membuat makanan lebih enak. Maka dari itu sampai saat ini masih banyak juga yang memasak menggunakan tungku walaupun juga mempunyai kompor gas.

    TV Hitam Putih  LCD TV
    Keterangan: Media komunikasi gambar dan suara yaitu televisi sudah ada sejak lama. Televisi jaman dahulu berbentuk kotak dan berukuran besar dengan tombol dimana-mana. Layar yang menampilkan gambar masih hitam-putih. Sedangkan televisi jam sekarang, sangatlah canggih. Berbentuk pipih atau tipis dengan layar yang bermacam-macam ukuran dan juga berlayar sentuh (touchscreen). Tak perlu menggunakan bantuan alat atau memencet tombol-tombol, hanya dengan menyentuh layarnya saja kita dapat memilih acara yang kita gemari.

    BalasHapus
  30. Keterangan: Dalam membuat sebuah dokumen tulisan yang panjang, manusia mengetik tulisan tersebut dalam sebuah kertas karena menulis dengan tangan akan membuat lelah. Mesin tik adalah sbeuah alat bantu manusia untuk mengetik sebuah tulisan dalam kertas. Mesin tik menggunakan tinta untuk mencetak huruf-hurufnya dalam kertas. Semakin berkembangnya jaman, saat ini telah tersedia alat modern yakni laptop yang dapat mengetik tulisan lebih cepat dan lebih efisien. Laptop tak hanya bisa digunakan untuk mengetik tetapi juga banyak program dan aplikasi yang dapat membantu keperluan sehari-hari dengan lebih cepat.
    Disket  Flashdisk
    Keterangan: Alat untuk menyimpan sebuah dokumen dahulu dinamakan disket. Alat yang berbentuk pipih tersebut hanya dapat menyimpan sebuah dokumen dengan memori yang tidak cukup besar. Flashdisk merupakan kemajuan jaman dari disket. Flashdisk merupakan teknologi penyimpan dokumen yang berkapasitas memori sangat besar. Saat ini ada yang mencapai hingga 32gb (gigabyte). Sedangkan sebelumnya, disket, hanya mampu menyimpan beberapa mb (megabyte) saja.
    HP hitam putih  HP layar transparan
    Keterangan: Handphone merupakan alat komunikasi yang dapat mengirim pesan dan menelepon antar orang dalam jarak yang tak terjangkau jauhnya. Handphone masa kini sangat jauh berbeda dengan yang dahulu. Handphone jaman dahulu berlayar kecil dan tidak berwarna. Bentuknya pun tidak semenarik sekarang. Menu yang diberikan oleh handphone jaman dahulu sangat sedikit dan terbatas. Sementara itu, semakin majunya jaman dan orang-orang cerdas di dalamnya, terciptalah handphone praktis dan canggih yang menyediakan menu atau aplikasi yang sangat mudah digunakan. Ada berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna yang ditawarkan. segalanya sudah sangat modern dan efisien untuk digunakan.
    Kalkulator  Mesin Hitung
    Keterangan: Kalkulator merupakan alat bantu hitung. Alat ini digunakan pedagang untuk menghitung jumlah barang yang banyak atau digunakan untuk menghitung total harga pada pembeli. Sampai saat ini kalkulator masih banyak digunakan. Namun ada pula alat yang lebih canggih daripada kalkulator yaitu alat penghitung menggunakan listrik sekaligus bisa menyimpan uangnya dan mengeluarkan nota bertulisan jumlah keseluruhan barang yang dibeli dan harganya. Alat ini sudah mulai dipakai di toko-toko besar, tak hanya di mini market atau super market.

    BalasHapus
  31. I. Bidang Budaya

    Keterangan: Penggunaan alat-alat kebersihan mulut telah dimulai semenjak berabad-abad lalu. Manusia terdahulu menggunakan alat-alat kebersihan yang bermacam-macam seiring dengan perkembangan sosial, teknologi dan budaya. Beraneka ragam peralatan sederhana dipergunakan untuk membersihkan mulut mereka dari sisa-sisa makanan, mulai dari tusuk gigi, batang kayu, ranting pohon, kain, bulu burung, tulang hewan hingga duri landak. Diantara peralatan tradisional yang mereka gunakan dalam membersihkan mulut dan gigi adalah kayu siwak atau chewing stick. Kayu ini walaupun tradisional, merupakan langkah pertama transisi/peralihan kepada sikat gigi modern dan merupakan alat pembersih mulut terbaik hingga saat ini.

    Klimis  Jabrik
    Keterangan: Perkembangan jaman yang semakin maju, membuat berbagai dampak. Salah satunya style atau gaya berambut. Jaman sekarang rambut yang tadinya biasa saja bisa dibentuk berbagai macam bentuk yang unik. Alat elektronik yang canggih membantu menyukseskan mode gaya rambut yang unik tersebut.

    Permainan tradisional  Game modern
    Keterangan: Ada ratusan jenis permainan anak-anak. Pada jaman sebelum modern seperti saat ini, permainan anak-anak yang sering dimainkan yaitu seperti bermain kelereng, egrang, gobak sodor, dan lain-lain. Namun karna pesatnya perkembangan teknologi, anak-anak masa kini sudah jarang memainkan permainan-permainan tersebut. Playstation, games online, dan permainan modern lainnya kini sudah menjadi santapan mereka.

    BalasHapus
  32. I. Bidang Transportasi

    Sepeda kayuh  Sepeda Listrik
    Keterangan: Sepeda merupakan alat transportasi sederhana. Alat ini tidak memerlukan bahan bakar dalam penggunaannya. Namun demikian, teknologi yang semakin berkembang pesat menciptakan sepeda yang lebih canggih karena dalam penggunaannya tidak perlu menggenjot pedalnya. Sepeda ini memakai listrik. Dan hanya perlu dicharge jika kekuatan listriknya sudah habis.

    Mobil Kuno  Mobil Matic
    Keterangan: Mobil pada awal pembuatannya menggunakan bahan bakar kayu atau bara api. Namun sekarang sudah memakai bahan bakar bensin atau solar yang membuat mobil memiliki kecepatan lebih dalam melaju. Bentuk dan warna mobil kini juga bervariasi. Mesinnya pun ada juga sekarang yang otomatis alias mobil matic.

    BalasHapus
  33. Kelompok 5
    -Anita Aprianti (01)
    -Anti Malikhatun (02)
    -Hamdalah (08)
    -Khadziq Al Amin (12)
    -Yunita Laila N A (34)

    BalasHapus