Kamis, Mei 14, 2009

Georg Simmel ( 1858-1918 )



Lahir di Berlin 1858.Ia menylesaikan studinya dibidang filsafat.
Ia memberikan kontribusi yang cukup besar pada konsep tindakan timbale balik dan ikatan sosial.Naskahnya th 1909 yang berjudul Brucke und tur ( jembatan dan pintu ), baginya kehidupan sosial merupakan gerakan yang tidak henti-hentinya membangun kembali model hubungan antar individu.Tindakan yang dilakukan oleh seseorang akan memberikan pengaruh pada sesamanya.Tindakan ini dituntun oleh keseluruhan motivasi yang beragam dan tanpa pernah berhenti bergerak itulah totalitas seluruh tindakannya yang member kontribusi untuk mempersatukan totalitas individu menjadi masyarakat global.
Menurutnya produk dari tindakan timbal balik itu sebagai”bentuk sosial” ( forms sociale ) yang terdiri dari :
1. Bentuk yang bersifat permanen ( keluarga, Negara, gereja, perusahaan, partai politik dsb ) ini yang disebebut lembaga atau institusi.
2. Bentuk-bentuk yang merupakan skema prabangun dan dengan skema inilah berbagai organisasi dibentuk ( hirarkhi, persaingan, konflik, pengalaman, pembagian kerja dll ) ini merupakan bentuk-bentuk yang tengah terbentuk.
3. Bentuk-bentuk yang membentuk batas umum terjadinya sosialisasi ( politik, ekonomi, hokum, pendidikan dll ) ini disebut konformasi.
4. Bentuk-bentuk yang berlansung singkat berupa ritus-ritus harian ( kebiasaan , makan, berjalan bersama, sentuhan , sopan santun dll )
( Anthony Gidden, 2008 )

1 komentar:

  1. Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib PAK MANDALA telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama PAK MANDALA, 3D SGP akhirnya tembus menang 175 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih PAK MANDALA jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergabung dengan PAK MANDALA DI 082348985714


    Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib PAK MANDALA telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama PAK MANDALA, 3D SGP akhirnya tembus menang 175 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih PAK MANDALA jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergabung dengan PAK MANDALA DI 082348985714


    BalasHapus