Jumat, Mei 15, 2009

Peran Sosiologi

Apa manfaat kita mempelajari ilmu trtentu ? pertanyaan ini selalu muncul ketika kita akan/sedang mempelajari ilmu tertentu.Hal tersebut juga berlaku ketika kita mempelajari sosiologi. Oleh sebagian umum orang, hanya dipandang sebelah mata terhadap manfaat mempelajari sosiologi. Sosiologi hanya dipandang sebagai ilmu yang hanya layak berada di buku dan tidak memiliki kemanfaatan terhadap kehidupan sehari-hari.
Seringkali sosiologi hanya dicap sebagai disiplin ilmu yang hanya melahirkan orang-orang yang dianggap rewel, tukang protes yang aktivitasnya mengganggu stabilitas umum.Di mata pemegang kekuasaan sosiologi dituduh telah merelatifkan tatanan yang telah ada yang mereka janjikan akan ditingkatkan dan dipertahankan. Sosiologi memang pada dasarnya tidak menghasilkan para praktisi, namun menghasilkan pemikir yang peka dan kritis terhadap realitas sosial.Sumbangan sosiologi memang tidak langsung dapat dirasakan namun mampu menyuguhkan analisis dan evaluasi terhadap bebagai hal diluar disiplin ilmu lain.
Sosiologi juga bisa menjadi ilmu terapan yang menyajikan cara-cara untuk mempergunakan pengetahuan ilmiahnya guna memecahkan masalah praktis atau masalah sosial yang perlu ditanggulangi.Misalnya seseorang meneliti tentang menurunnya moralitas pelajar dan diteruskan dengan penelitian bagaimana mengembalikan moalitas pelajar yang baik.Pada pernyataan yang ke dua ini sosiologi dapat berperan sebagai ilmu terapan.Sosiologi tidak hanya berupa doktrin/teori belaka namun berusaha untuk mengupas secara detail setiap peristiwa sosial. Sehingga sosiologi tidak percaya begitu saja setiap peristiwa yang tampak dari permukaan namun berusah untuk membongkar apa yang tersembunyi.
Sosiologi dapat dikatakan ilmu yang cukup penting, karena sosiologi merupakan suatu disiplin ilmu yang secara khusus mengembangkan pengetahuan tentang hubungan sosial manusia secara umum dan tentang produk dari hubungan tersebut. Sosiologi mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota masyarakat, bukan sebagai individu yang terlepas dari masyarakat.Fokus bahasan sosiologi adalah interaksi antar manusia dan pengaruh yang ditimbulkan dari interaksi tersebut. Sosiologi tidak begitu menitik beratkan pada apa yang terjadi pada diri individu namun pada apa yang berlangsung diantara manusia. ( J.Dwi Narwoko, 2007 )

1 komentar:

  1. panjang, kurang ringkasan, to the point aja itu lbh baik, tapi isinya udah "ISTIMEWA"

    BalasHapus