Selasa, Februari 17, 2009

BERFIKIR KRITIS DALAM BELAJAR

Seorang pelajar ketika belajar/membaca kadang hanya sebatas pembacaan secara tekstual atas bahan bacaan yang sedang dibaca atau dipelajari.Untuk lebih mendatangkan hasil yang maksimal perlu kiranya kita/pelajar mengembangkan berpikir kritis.
Langkah-langkah dalam berfikir kritis adalah sebagai berikut :

1. Memasuki proses belajar/membaca dengan pikiran yang terbuka.
Bila kita masuk dengan pikiran terbuka kita akan memiliki sikap mau menerima pendapat/jalan pikiran/konsep dari pihak lain. Sebaiknya kalau kita ketika proses belajar mengedepankan berfikit yang tertutup, justru hal itu akan menghambat kita dalam mengembangkan berfikir secara kritis.

2. Pikirkan, hal-hal apa sajakah yang kamu ketehui tentang tema/topic yang sedang dipelajari.Hal ini akan memberikan umpan bagi pikiran kita untuk menerawang konten materi yang kita pelajari.

3. Jelaskan pada diri sendiri tujuan apa yang akan anda peroleh dengan mempelajari tema/topic/suatu masalah yang dipelajari.Hal ini akan memberikan dorongan untuk lebih intensif mempelajari hal tersebut.

4. Tanyakan pada diri kamu tentang sumber-sumber yang akan dijadikan acuan dalam belajar. Dengan sumber yang cukup atau memadahi maka proses belajar tadi akan memiliki landasan teori yang kuat.Sehingga pada akhir kegiatan belajar kesimpulan yang diambil tidaklah meragukan.

5. Hubung-hubungkan setiap variable yang terdapat pada tema/topic yang sedang dipelajari.Misalnya hubungan sebab akibat. Karena ada suatu sebab tertentu maka akan berakibat /memunculkan hal lain.

6. Puncaknya adalah pembuatan kesimpulan dari hubungan sebab akibat tadi yang telah melalui proses analisis.

Dengan berfikir kritis tersebut, proses belajar tidak hanya sebagai kegiatan rutinitas tetapi kita telah meningkatkan kualitas dari cara kita belajar/membaca sehingga menghasilkan out put belajar yang optimal.

Selamat mencoba semoga berhasil dan tercapai cita-citamu
Eka,17 Feb.2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar