Rabu, Februari 18, 2009

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TERHADAP BACAAN

Untuk meningkatkan pemehaman kita terhadap inti sari dari bacaan yang dibaca, cobalah beberapa trik berikut ini:
1. Bacalah secara cepat satu pokok/subpokok bahasan tertentu.
2. Setelah itu coba diidentifikasikan bagian yang paling banyak diuraikan pada bacaan tersebut
3. Buatlat catatan yang berisi bagian dari bacaan yang menjadi intinya dengan cara yang simple namun mudah dibaca/diingat .Misalnya Kata adalah diganti dengan tanda =, kalimat yang menunjukkan proses diganti dengan tanda anak panah .
4. Buatlah subpokok bahasan.
5. Buku catatan kamu tutup , kemudian tanyakan pada dirimu bagian dari subpokok bahasan yang sudah dikuasai dan belum dikuasai.
6. Setelah abstraksi selesai, bagian yang belum dikuasai perlu untuk dilihat kembali pada catatan inti bacaan tersebut.
Apabila kita sudah membiasakan 6 hal diatas, mudah-mudahan kita dapat meningkatkan pemahaman terhadap bacaan.
Dari beberapa artikel yang ada di blog ini pilihlah yang sesuai dengan karakter Anda.
Eka, 18 Feb.09

1 komentar:

  1. oke deck pak...aku akan coba trik bapak...
    bapak, tolong dunk aku kasih trik tentang menghilangkan pikiran-pikiran kotor...
    aku harap bapak bisa bantu aku...terima kasih dan lam kenal dari aku...

    BalasHapus