Rabu, Februari 25, 2009

UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI

Assalaamu’alaikum wr. Wb

Kepercayaan diri sangat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam menata/menyongsong masa depan.Tingkat kepercayaan diri yang tinggi akan memberikan dorongan psykis dan fisik dalam mengambil keputusan yang sangat berharga bagi kehidupan manusia itu sendiri. Sebaliknya orang yang tingkat kepercayaan dirinya rendah akan berakibat selalu ragu-ragu atas keputusan yang akan diambilnya.Dengan kepercayaan diri yang tinggi, seseorang akan lepas dari ketergantungan dari orang lain. Ia mampu menentukan hal-hal apakah yang harus diambil ( terbaik ) bagi dirinya dan dan menjauhkan diri/meninggalkan terhadap hal-hal yang dapat merugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Remaja adalah masa usia untuk pencarian jati diri.Pada saat inilah, pentingnya dibangun suatu konsep bahwa remaja harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga ke depan bangsa ini memiliki penerus bangsa yang tangguh, tidak mudah dikadali oleh bangsa lain.Apabila remaja tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi, hampir dapat dipastikan kita akan menjadi bangsa yang selalu didekte oleh bangsa lain.Marilah bersama-sama membentuk kepercayaan diri yang tinggi pada remaja.
Pembentukan kepercayaan diri tidak dapat dilepaskan dari terbentuknya KONSEP DIRI YANG MATANG. Konsep diri ini merupakan penting dalam perkembangan kepribadian seseorang karena sebagai penentu bagaimana seseorang bersikap, berpikir, bertindak dan bertingkah laku. Melalui konsep diri inilah bagaimana seseorang bercermin untuk melakukan penilaian kekuatan, kesanggupan, keberanian,keberartian segenap apa yang dimilikinya. Dengan demikian, pembentukan kepercayaan diri ini sangat tergantung dan dipengaruhi oleh konsep diri yang dimiliki seseorang. Dengan kata lain, semakin mantap konsep diri, maka pembentukan rasa kepercayaan diripun akan terbentuk.

Dalam pembentukan KONSEP DIRI yang matang perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Seseorang perlu untuk belajar bagaimana membangun control diri.Dengan control diri yang tinggi seseorang akan memiliki kemampuan untuk menumbuhkan keberanian dan pengaturan emsosi.Kontrol diri akan terbentuk bila seseorang mengembangkan konsep berfikir positif dan berfikir aktif.Dengan berfikir positif dan aktif ini seseorang akan memiliki kemampuan untuk menentukan hal terbauk yang akan diambil.
2. Ciptakan suasana yang dapat menyenangkan akan membentuk kondisi jiwa yang positif.Sebaliknya suasana sedih, marah, pesimis, rendah diri akan membentuk konsep diri yang negative pula, Segala sesuatu akan terlihat negative pula.
3. Tumbuhkan kepercayaan pada diri bahwa setiap manusia memiliki kelebihan daripada yang lain.Tunjukkan pada orang lain bahwa akupun mampu melakukan hal yang dapat dilakukan orang lain. Perasaan rendah diri perlu untuk dibuang jauh-jauh.Jangan biarkan perasaan rendah diri itu bersemayam dalam diri ini.
4. Lihatlah potensi-potensi diri yang dapat dikembangkan.Misalnya memiliki kemampuan dalam hal music. Asahlah kemampuan dibidang music tersebut sehingga dapat mencapai titik yang optimal. Hal tersebut akan membawa pengaruh yang kuat pada diri sendiri untuk memunculkan konsep bahwa aku memiliki kepercayaan diri.
5. Jangan pernah putus asa dalam mencapai tujuan.Tumbuhkan semangat dalam diri untuk meraih hal yang telah dicitakan.Jadikan kegagalan sebagai pemacu semangat untuk berusaha kearah yang lebih baik.
6. Tunjukkan kepada orang lain bahwa diriku, hidupku dan karyaku dapat bermanfaat.Jangan pernah ada kata dalam hati bahwa hidupku adalah sia-sia atau aku tak berguna bagi orang lain.Apabila hal terakhir ini tidak dibuang jauh-jauh maka sulitlah kiranya membangun kepercayaan diri yang tinggi.
7. Dan jangan lupa selalu berdoa semoga Tuhan memberikan hidayah yang terbaik bagi kita.

Dengan berbagai upaya tersebut diatas diharapka remaja dapat sukses dalam belajar dan lebih-lebih dapat menjadi generasi bangsa yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan jaman.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.
Wassalaam
Eka, 25 Feb.2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar