Sabtu, Februari 21, 2009

MAU SUKSES BELAJAR, KENALILAH DIRIMU

Keberhasilah siswa dalam menuntut ilmu disebabkan oleh beberapa faktor. Pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang pengenalan lebih dalam pada diri sendiri.

Dengan pengenalan pada diri yang lebih mendalam diharapkan kita dapat menentukan langkah ke depan dengan arif dan bijaksana.Pernahkah kita menanyakan kepada diri kita sendiri tentang segala sesuatu yang ada pada diri kita. Sering kali kita mengabaikan hal ini. Bahkan sering kita tidak mengenal diri kita sendiri. Bahkan celakanya kita sering mencari-cari aib yang dimiliki oleh orang lain, sementara diri kita sendiri kita sama sekali tidak mengenal. Khususnya remaja dimana masa remaja adalah masa pencarian jati diri, masa yang penuh dengan liku-likuknya. Bertanyalah pada diri sendiri, buatlah daftar tentang hal ikhwal diri kita. Mulai dari bangun tidur sampai dengan kita beraktivitas hingga kita tertidur kembali. Berikut ini penulis rincikan hal-hal yang perlu untuk ditanyakan pada diri sendiri,aantara lain :

1. sudahkah aku beribadah dengan benar ?
2. sudah tepatkah cara belajarku selama ini ?
3. Menu makanan apakah yang tidak cocok untuk diriku ?
4. Sudahkah aku membuat rencana belajar dengan baik ?
5. Apakah aku takut untuk berpendapat ?
6. Apakah masih tersimpan dendam dihatiku pada orang lain ?
7. Apakah aku sering membuat masalah dengan orang lain ?
8. Hal apakah yang dapat membuat aku tidak senang ?
9. Makanan apakah yang sering membuat sakitku kambuh ?
10. Pernahkan aku berpikir untuk memperbaiki sikapku ?
11. Sudahkan aku berterimakasih kepada Tuhan yang telah memberiku RIZKI ?
12.Apakah pada diriku memiliki sifat sombong, kikir, dengki ?
13.Apakah aku termasuk orang yang tidak pernah mengerti dengan orang lain ?
14.Apakah aku pernah menyakiti hati kedua orang tuaku ?
15.Pernahkah aku memohon maaf kepada kedua orang tuaku ?

tentunya masih banyak hal lain yang dapat kita tanyakan pada diri kita.

Dengan kita mengetahu siapa diri kita sesungguhnya( terutama hal negatif ) maka kita dapat mencari penawarnya/usaha untuk memperbaikinya.Sehingga hal-hal negatif yang ada pada diri kita dapat kita hapus, kita bersihkan dan kita ganti dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.
Tentunya untuk mencari penawarnya bila kita mampu maka lakukannya, namun bila kita tidak mampu berkonsultasilah kepada orang-orang yang dianggap mampu untuk mencarikan jalan keluarnya. Utarakan secara arif pada mereka sehingga masalah yang selama ini menyelimuti diri kita akan terpecahkan dan dapat dicari solusi terbaik.
Jangan sampai hal negatif yang ada pada diri kita turus berkembang sehingga membentuk karakter yang negatif. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan dapat mengganggu pencapaian proses belajar yang maksimal.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar