Senin, Februari 23, 2009

MENGATASI RASA MALAS

Upaya Menghindari /mengatasi Kemalasan
Ketidakberhasilan remaja dalam menggapai prestasi akademik maupun non akademik dapat disebabkan karena sifat malas yang telah menjadi bagian dari diri kita. Kita tidak menjadi termotivasi untuk berkarya lebih baik.Apabila penyakit malas ini tidak segera untuk diantisipasi dan dicarikan jalan keluarnya maka dapat berakibat kegagalan dalam meraih masa depan.
Rasanya banyak diantara kita yang punya “penyakit” suka menunda-nunda pekerjaan. Penyakit ini, yang sebetulnya adalah kebiasaan, seringkali disebabkan karena kita malas mengerjakan sesuatu. Malas bangun dari tempat tidur, malas pergi olahraga, malas menyelesaikan tugas sekolah, mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan hari itu dan masih banyak yang lainnya.
Orang yang malas biasanya memiliki ketakutan terhadapkonsekuensi dengan suatu pekerjaan tertentu.Takut tidak berhasil, takut nilainya jelek takut tidak dihargai oleh gurunya sehingga dalam hati kita sering muncul kata-kata “ nanti dululah nanti juga selesai, ah waktu kan masih lama nggak usah tergesa-gesa” . yang pada akhirnya bila waktu deadline sudah tiba kita sendiri yang akan menanggung konsekuensinya. Kita menjadi tidak focus, pekerjaan dikerjakan acak-acakan dan pada akhirnya hasil yang kita peroleh juga tidak maksimal.

Kebiasaan malas dapat timbul karena sudah ada bayangan dalam diri kita setumpuk pekerjaan yang sulit dikerjakan.Dengan bayangan seperti itu kita semakin enggan untuk memulai untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang seharusnya dapat kita selesaikan saat itu juga.Celakanya kalau kita sering membiasakan tidak segera menyelesaikan pekerjaan akan timbul beban pikiran yang tidak terkendali dan tidak menutup kemungkinan timbul stress..

Upaya untuk mengurangi/menghilangkan rasa malas , a.l :
1. Katakan pada diri kita aku harus mengerjkan saat ini juga.
2. Jangan memiliki bayangan yang negative tentang tugas/pekerjaan.
3. Aku mampu untuk menyelesaikan tugas.
4. Aku ingin menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin.
5. Bila sekarang aku dapat menyelesaikan tugas maka esok bebanku akan ringan.
6. Buatlah rencana pengerjaan tugas sebaik mungkin ( sesuai dengan prioritas )
7. Buatlah motto “ Malas No ----- Giat Yes.

Semoga tulisan ini bermanfaat, keberhasilan belajar di tanganmu
Eka , 23 Feb 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar