Senin, Februari 16, 2009

Metode Pembelajaran

METODE PEMBELAJARAN
Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, seyogyanya metode pembelajaran harus disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan hidup masyarakat. Metode pembelajaran yang lama yang lebih berpusat pada guru harus diubah, karena dalam metode pembelajaran yang lama tidak menghasilkan sikap kemandirian pada peserta didik. Dengan alasan itu maka perlu ditumbuhkembangkan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Peserta didik perlu diberi kesempatan yang lebih banyak dalam proses pembelajaran sehingga pada peserta didik akan tumbuh sikap kemandirian, keberanian untuk mengambil keputusan dan mengurangi sikap ketergantungan pada pihak/orang lain.

Adapun kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik meliputi hal-hal sebagai berikut :
1. Siswa diaktifkan dalam diskusi dikelas. Hal ini diharapkan akan timbul keberanian untuk mengemukakan dan memberikan tanggapan atas problematika yang diangkat dalam diskusi.
2. Diaktifkan forum tanya jawab, baik antara guru dengan siswa mauupun antar siswa.
3. Guru melemparkan suatu topik yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Anak didik akan menanggapi dari berbagai sudut pandang tersebut. Sehingga siswa dituntut untuk mengembangkan wawasan pengetahuannya.
4. Guru menggukan teknik bermain peran. Dengan cara ini diharapkan siswa dapat lebih menghayati berbagai teori-teori/ konsep yang sedang dipelajari.Apalagi dalam sosiologi sangat tepat sekali bila bermain peran ini diterapkan.
5. Siswa diberi tugas rumah untuk mencari berbagai informasi/materi yang berkaitan dengan materi pelajaran.Sehingga pada diri siswa timbul keingintahuan yang tinggi tentang suatu hal.Apabila hal tersebut berhasil pada diri siswa akan memiliki semangat yang tinggi untuk terus belajar.
6. Siswa diajarkan dan diharapkan mampu membuat suatu hasil pengamatan dalam bentuk essay/karangan singkat yang rasional tentang suatu masalah.
Eka, 16 Februari 2009

2 komentar:

  1. aku mau cara2nya gimana metode belajar yg baik

    BalasHapus
  2. ciptakan metode mengajar sendiri sesuai dengan karakter anda dan siswa anda.anda dapat memodifikasi metode pembelajaran, yang penting menarik, tidak membosankan dan materi mudah dicerna oleh peserta didik.

    BalasHapus